View Full Version
Rabu, 25 Sep 2013

Smart Teen (5) : 6 Tips Cewek Menjaga Kesuciannya

Oleh: Adi Permana Sidik*

“Dunia adalah perhiasan, sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalehah”

Bagi mereka-mereka yang seneng ngikutin informasi di media cetak, elektronik maupun social media, pastilah pada tahu ya beberapa kasus belakangan ini yang ngehit di negeri ini. Misalnya ambil contoh nih, kasus korupsi sapi impor, simulator SIM, dan kasus putusnya tunangan seorang penyanyi dangdut dengan pria yang bahasanya intelek itu hehee. Tapi, sayangnya nih, dalam tulisan ini, ga akan dibahas tuh seperi apa or bagaiamana kelanjutan kasus di atas? Lha kalau begitu, emang mau nulis apa? Yeeh rahasia dong, kalau mau tahu aja en mau tahu bangeut, ya abaca dulu dong guys sampe beres. Hehe

Nah tulisan nih, pingin menganalisis salah satu aspek yang cukup menarik dari kasus-kasus ini. Apa coba tebaaak? Ada yang tau? Udah nyerah aja yaaa? Yapz, kalau kita perhatiin en cermati nih, setidaknya tiga kasus yang kita jadiin contoh di atas, ternyata selalu ada cewek yang ikut jadi korbannya. Dalam kasus dugaan korupsi sapi impor, salah satu tersangka utamana nya nih, diduga mengalirkan dana-dana haramnya yang sangat banyak itu kepada wanita-wanita yang dianggap cantik dan seksi, bahkan salah satunya ada yang artis. Nah yang paling mengerikan nih tentu, diduga ternyata wanita-wanita yang menerima dananya itu, ternyata bukan lah istrinya yang sah, atau setidaknya mahramnya. Kalau bukan mahramnya, apa dong? Ah ga tega nyebutnya, maluuu.

Yang terakhir, mereka-mereka yang pada aktif di dunia per-infotainment­-an dan dunia per-mayaan alias dunia internet, pastilah pada tahu kasus seorang penyanyi dangdut wanita dan seorang cowok punya banyak kosa kata ilmiah itu. Sedikit yang diketahui, ternyata cowoknya itu adalah seorang playboy alias buaya darat yang serem lo. Sudah banyak cewek yang dikibulin sama dia. Bahkan – saat menjalankan aktivitas haram itu - diduga dia itu sudah punya istri. Naudzubillahimindzalik!!!

Kasus-kasus dengan korban cewek, selain tiga kasus ini, tentu jauh lebih banyak kawan. Intinya nih, mereka (cewek-cewek) yang jadi korban itu –hakikatnya- telah merendahkan kedudukannya, menurunkan harkat martabatnya dan menodai kesuciannya.. Pastinya, sebagai umat muslim, ini sangat memprihatinkan dan membuat miris hati kita. Sebab mereka-mereka itu statusnya muslimah. Pertanyaannya, mengapa hal itu bisa terjadi?. Kalau kita perhatikan nih, penyebab yang paling utamanya adalah, karena mereka-mereka belum bisa atau belum mampu menempatkan dirinya sebagai seorang wanita pada kedudukan yang telah digariskan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kalau gitu, seperti apa Islam mengatur wanita sehingga kedudukan, kehormatan, dan kesuciannya terjaga?

Pertama, seorang wanita itu harus seneng & suka buat menuntut ilmu. Utamanya ilmu keislaman dong. Dengan ilmu yang dimilikinya ini, para wanita bisa mengetahui dan paham kewajiban-kewajibannya yang harus ditunaikan, dan larangan-larangan yang harusditinggalkan. Apalagi nih seorang wanita ini nantinya akan jadi Murabbiyah (pendidik, guru dan teladan) pertama bagi anak-anaknya. Seorang yang berilmu juga akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Mujadilah: 11)

Perlu diketahui juga, menuntut ilmu merupaka suatu kewajiban bagi cowok dan cewek muslim loo. Nabi kita tercinta Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim.(HR. Ibnu Majah).

Kedua, para cewek juga harus menutup aurat. Ingeut ya, menutup auratnya harus sesuai dengan kriteria Al-Qur’an dan Sunnah, bukan menutup aurat versi sendiri yaa alias semau gue. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab :59).

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: “Dua golongan dari ahli Neraka yang tidak pernah aku lihat: seorang yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang dia memukul orang-orang, dan perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepalanya bagai punuk unta yang bergoyang. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mendapat baunya, sekalipun ia bisa didapatkan sejak perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim)

Ketiga, selain menutup aurat, cewek juga harus menjaga dan menundukkan pandangannya tuh. Allah Subhanahu Wa Ta'ala Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana berfirman:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya…” (QS. An-Nur: 31).

Keempat, cewek-cewek juga harus sering dan seneng berkumpul sama komunitas wanita-wanita shalihah yang menjaga aturan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan senantiasa menjadi kemulian serta kehormata di kehidupan sehari-harinya.

Kelima, jangan mau para cewek diajak berduaan dengan cowok yang bukan mahramnya. Baik berdua-duaan di tempat yang gelap maupun terang. Baik berduaan di dunia nyata maupun di dunia maya. Zaman sekarang ini banyak tuh yang suka cari-cari celah untuk ngelakuin aktivitas ini. Padahal aktivitas ini kan dikuntit sama Syetan loh. Iiiih sereem kan. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

“Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya.” (HR. Ahmad, sanad hadits ini shahih).

Keenam, yang terakhir dalam tulisan ini, cewek-cewek juga jangan mau tuh disentuh-sentuh, dipegang-pegang, atau yang lebih dari itu, sama cowok-cowok yang bukan mahramnya, dengan alasan apapun. Pokoknya jangan coba-coba sekalipun deh buat ngelakuin aktivitas ini. Ingat, penyesalan itu datang belakangan loo. Ingat juga, kesucian lahir dan batinmu lebih berharga dari segala hal-hal yang bersifat materi.

Nabi kita Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini shahih)

Nah, itulah enam tips dan langkah yang insyaallah jika diaplikasikan oleh cewek-cewek muslimah, niscaya akan menjadikannya mulia dan terhormat; tidak akan dilecehkan oleh cowok-cowok yang suka maksiat. Wallahu’alam bis shawab. [PurWD/voa-islam.com]

  • Kirimkan tulisanmu yang keren ke [email protected], semoga menjadi amal nyata kita untuk agama tercinta ini. Dan semoga juga banyak yang tercerahkan dengan tulisan-tulisan kamu yang keren-keren… ditunggu ya!!!

*) Penulis adalah mahasiswa aktif magister ilmu komunikasi Fikom Unpad, dan salah satu Pembina Dewan Kemakmuran Masjid Ulul Abshor Unpas Bandung.

AYO KIRIM ARTIKEL SMART TEEN PENGGUNCANG DUNIA!

Ayo Smart teen, kirimkan tulisan kamu yang mampu mengguncang dunia! Tunjukkan pada dunia bahwa remaja Islam siap menghadapi tantangan dan serangan arus globalisasi media yang cenderung mendeskreditkan kesucian dan keagungan islam. 

Tunjukkan keberanian dan pengorbanan cara kamu dan bagaimana kamu tunjukkan kegigihan kamu kalo #islampengorbanangue

Sebarkan bahwa tulisan dan amar ma'ruf kamu bagi Islam adalah sikap final melanggengkan keberkahan di muka bumi Allah azza wa jala...

Kirimkan Tulisan kamu hingga 11 November 2013 ke alamat redaksi smart teen:

[email protected]


latestnews

View Full Version