View Full Version
Ahad, 03 Nov 2013

Smart Teen (22): Pacaran? Eh, Maksudmu Zina Terselubung?

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halo para sobat-sobat Smart Teen voa-islam.com, bagaimana kabarnya? Semoga masih selalu dalam limpahan rahmat Allah, aamiin.

Saya rasa, saya harus ngomong serius ini. Lah, kok serius? Iya, masalahnya yang mau saya omongkan ini adalah hal yang sudah umum banget di kalangan remaja kita, dari yang SMP sampai SMA, bahkan SD juga, mahasiswa juga. Dari yang ndugal sampai yang shalih shalihah. Dari yang pinter sampai yang kurang pinter. Apa sih itu?

Ya sesuai judulnya, yaitu PACARAN. Kamu semua pasti pernah denger istilah kayak jadian, PHP, kode, ga peka, putus, anniv, LDR, dll. Pasti juga pernah lihat pasangan yang berpacaran mbojo (berduaan) di malam minggu. Pernah juga denger ungkapan “Kalau ga pacaran, kayak ga bisa nikmati masa remaja aja,”. Ya pokoknya yang kayak gitu-gitu deh...

Dari zaman bapakku, sampai zaman sekarang, ya pacaran itu sudah umum. Saya berani menjamin, pasti kalian semua pernah berpikir kepengen pacaran, ya ngga? Hehehe, bercanda saja sih. Saya saja dulu pernah pengen pacaran, kan masih awal remaja. Alhamdulillah saya ngga jadi pengen pacaran dan memilih untuk mendalami ilmu dulu, baik dunia maupun agama, hehehe.

Budaya pacaran yang sudah menjadi ‘tradisi’ dan ‘kewajiban’ anak remaja, kayaknya harus kita tinjau secara serius deh secara Islam. Kan segala sesuatu yang kita lakukan harus sesuai Islam, biar selamat dunia akhirat, ya kan?

Kalau menurut saya ya, pacarannya remaja ini ngga sesuai banget sama Islam, yang sudah mengatur dengan sangat baik antara hubungan laki-laki dan perempuan.

Sudah tahu kan, dalam Islam, tidak boleh berduaan antara laki-laki dan perempuan, tanpa disertai mahramnya. Ada hadits-nya kok, ini saya tulis arti dari haditsnya itu.

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia berkhalwat (berduaan) dengan wanita tanpa disertai mahramnya, karena syetan akan menyertai keduanya” (HR.Ahmad).

Nah, jelas kan? Pacaran remaja zaman sekarang ini kan, ngga asyik kalau berduaan. Malah kadang ada yang ga mau kalau bapak ibunya tahu soal pacarannya, biar ga direcoki katanya. Loh, bukannya dalam Islam, bertamu saja kalau ke rumah lawan jenis, harus disertai mahram? Contohnya ya orang tua kita itu.

Terus kalau pacaran kan disertai syetan. Apa jadinya ntar? Ya itu, ntar berduaan, lanjut rangkul-rangkulan dan pegang-pegangan, awalnya cuma tangan, lalu lanjut ke mana-mana, ntar malah jadinya berakhir dengan hubungan zina! Naudzubillahi min dzalik.

Terus, kalau pacarannya melalui facebook, twitter, sms, BBM, dll, itu gimana? Ya kalau kamu bilang itu ga berduaan, sama aja BOHONG. Kan kalau kamu chatting facebook ama pacar, kan cuma sama si pacar itu kan? Ya sama aja berduaan, zina itu!

Saya ini bukan jomblo ngenes yang nulis ginian karena benci ngelihat orang pacaran. Ya jujur aja, saya tu sebel banget lihat orang pacaran, ya karena itu tadi udah saya jelaskan semuanya. Ga sesuai Islam, padahal yang pacaran itu orangnya juga rajin shalat, pinter adzan, bacaan Al-Qur’annya jos banget. Tapi pacaran juga jalan, apa-apaan tuh?

Ya saya sih menyarankan lebih baik JANGAN berpacaran daripada terjadi hal-hal yang buruk. Ntar kalau kasusnya Married By Accident, kan susah itu. Lebih baik kita memperbaiki diri di berbagai sektor, seperti pelajaran sekolah, lalu keislaman kita juga harus dibenahi, lalu sikap perilaku. Ntar masalah jodoh, kita pakai cara ta’aruf, yang Insya Allah sesuai Islam.

Demikian dari saya, semoga bermanfaat. Mari kita hindari pacaran dan tingkatkan ketaqwaan kita.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Oleh: Aldinshah Vijayabwana

-----------------------

AYO KIRIM ARTIKEL SMART TEEN PENGGUNCANG DUNIA!

Ayo Smart teen, kirimkan tulisan kamu yang mampu mengguncang dunia! Tunjukkan pada dunia bahwa remaja Islam siap menghadapi tantangan dan serangan arus globalisasi media yang cenderung mendeskreditkan kesucian dan keagungan islam. 

Tunjukkan keberanian dan pengorbanan cara kamu dan bagaimana kamu tunjukkan kegigihan kamu kalo #islampengorbanangue

Sebarkan bahwa tulisan dan amar ma'ruf kamu bagi Islam adalah sikap final melanggengkan keberkahan di muka bumi Allah azza wa jala...

Kirimkan Tulisan kamu hingga 11 November 2013 ke alamat redaksi smart teen:

[email protected]


latestnews

View Full Version