View Full Version
Selasa, 19 Aug 2014

Ayo... Saatnya Lawan Ospek (yang) Tidak Mendidik!

 

Sahabat Voa-Islam yang dirahmati Allah SWT...

Pada bulan Agustus sampai September, setiap tahunnya di kampus-kampus yang ada di Indonesia, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS), biasanya melaksanakan Orientasi Pengenalan Kampus atau dikenal dengan sebutan Ospek. Ada juga nama lainnya yang sejenis dengan itu seperti Orientasi Penerimaan Mahasiswa Baru atau disingkat jadi OPMB.

Nah, apa yang sahabat (yang akan jadi, sudah, dan mantan mahasiswa hehe) banyangkan jika mendengar istilah Ospek? Kalau boleh atau tidak boleh ditebakh hehe jawabannya sebagai berikut: dibentak-bentak sama panitia, suruh push up, begging, lari-lari, nyanyi-nyayi, yang pria rambutnya botak, yang cewek dikuncir, pake name tag di depannya, pake topi dari bola, karton, dan disuruh membawa barang-barang aneh lainnya, yang tidak bisa satu persatu ditulikan di sini hehe

Betul apa betul sahabat tebakannya? hehe Yupz secara umum pelaksanaan Ospek di kampus-kampus yang ada di Indonesia dari dulu sampai sekarang, masih diisi oleh kegiatan-kegiatan yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pengenalan kampus, bahkan cenderung sangat tidak mendidik. Ospek malah dijadikan ajang perpeloncooan atau bully oleh mahasisa lama (senior) kepada mahasiswa baru. Baik itu melalui fisik maupun non-pisik. Bahkan tak jarang – seperti yang diberitakan oleh media massa – dari kegiatan Ospek (yang tidak mendidik) ini dapat menimbulkan korban jiwa alias meninggal. Menyedihkan banget kan sob hiks..hiks...

Dalam persoalan Ospek yang tidak mendidik ini, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional sebenarnya sudah mengeluarkan Surat Keputusan pada tahun 2000, yang isinya Ospek hanya boleh dilakukan dalam rangka akademik dan tidak boleh melanggar hak asasi manusia, etik, norma apalagi sampai dengan menimbulkan korban jiwa (meninggal). Jika hal ini dilanggar oleh pelaksana Ospek, maka akan mendapatkan sanksi.

Sahabat Voa-Islam yang memuliakan dan dimuliakan Allah SWT...`

Walaupun sudah ada aturannya dan sudah menimbulkan berbagai macam kerugian, pada kenyataannya di lapangan, Ospek yang tidak mendidik ini masih saja terjadi di kampus-kampus yang ada di Indonesia. Sehingga, para mahasiswa baru, khususnya sahabat Voa-Islam yang akan melaksanakan Ospek di kampus barunya harus kritis dan berani melawan jika ada kegiatan Ospek yang tidak mendidik bahkan bertentangan dengan syari’at Islam.

Jika ada aturan-aturan atau kegiatan Ospek seperti mahasiswi baru pakaiannya harus menggunakan celana panjang (bukan rok). Melarang mahasiswi baru menggunakan kerudung. Menyuruh mahasiswi dan mahasiswa harus bersentuhan kulit atau anggota tubuh lainnya (padahal mayoritas bukan muhrim).

Panitia memberikan waktu yang sedikit kepada mahasiswa baru - yang muslim - untuk melaksanakan sholat, bahkan menyuruh untuk secepatnya menyelesaikan sholatnya. Panitia melakukan tindakan-tindakan fisik (pukulan, tendangan, tampar, dan sebagainya) kepada mahasiswa baru, serta aturan-aturan lainnya yang tidak masuk akal, tidak mendidik, maka sahabat Voa Islam yang jadi mahasiswa baru, harus berani kritis dan berani melawan.

Kalau sahabat Voa Islam tidak berani melawan panitia Ospek, maka sahabat Voa Islam juga tidak usah takut untuk tidak mengikuti Ospek yang tidak mendidik itu. Dan tidak kalah penting, jika sahabat Voa Islam menemukan aturan-aturan atau kegiatan-kegiatan Ospek yang bertentangan dengan syari’at Islam, jangan ragu untuk melaporkan kepada pihak kampus dan media massa, terutama media massa Islam. Insya Allah, media Islam akan memberikan advokasi.

Kesimpulannya, mari kita lawan kegiatan-kegiatan Ospek yang tidak mendidik apalagi yang bertentangan dengan syari’at Islam. Agar ke depan adik-adik mahasiwa baru dapat melaksanakan Ospek yang mendidik, bahkan Ospek yang menhantakran mereka paham bahwa tujuan kuliah mereka kuliah adalah dalam rangka beribadah kepada Allah lewat menuntut ilmu. Ospek yang menghantarkan mereka paham bahwa ilmu apa pun yang dipelajari harus sesuai dengan syari’at Islam, bahwa ilmu apa pun yang dipelajari oleh mereka harus menjadikan mereka beriman kepada Allah SWT.

Sahabat Voa Islam, jika bukan sekarang kita melawan Ospek yang tidak mendidik itu, kapan lagi... Allahu Akbar!!!

[syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version