View Full Version
Senin, 11 Jan 2016

Empat Penyebab Mood Swing pada Remaja, Cegah sebelum Mengalaminya

Mood Swing adalah naik turunnya mood alias kondisi hati seseorang. Ya...semacam roller coaster begitulah, berubah dengan sangat cepat. Awalnya kamu merasa fine-fine saja, eh detik berikutnya bete gak ketulungan. Kadang ada rasa sedih tiba-tiba atau bahkan cemas tanpa alasan. Menurut kamu, nyaman nggak sih dengan kondisi naik turun kayak gini?

Kamu yang biasanya tampil ceria, bisa berubah jadi jutek pas mood swing menghampiri. Bawaannya sensi dengan sekitar. Rasanya nggak ada hal yang menyenangkan untuk dinikmati di saat itu. Pelajaran di kelas nggak konsen, mau ngobrol sama teman nggak nyaman, mau diam jadi merasa sedih, apa-apa serasa serba salah.

Tentu nggak nyaman dong berada di fase mood swing ini. Sebelum kamu mengalaminya (atau bahkan sudah?), coba perhatikan penyebab datangnya si mood swing. Karena bisa jadi antara satu orang dengan yang lain, berbeda-beda pemicunya. Di bawah ini akan coba kita cari jawaban dari mood swing kamu ya.

  1. Lelah. Kondisi raga yang lelah, bisa memicu mood swing. Apalagi bila raga lelah, jiwa pun ikutan lelah, wah...bisa dipastikan pingin uring-uringan aja bawaannya. Aktivitas boleh banyak, tapi jangan sampai kamu lupa istirahat dong ya.
  2. Kurang tidur. Porsi tidur yang kurang atau tak seimbang juga bisa mengakibatkan mood swing.
  3. Keinginan nggak terkabul. Ya...namanya saja hidup. Tidak semua yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan. Iya, kan?
  4. PMS (Pra Menstruasi Syndrom). Kalau yang ini, khas para cewek. Karena itu, mood swing di pihak cewek itu lebih dominan daripada di pihak cowok karena adanya faktor PMS ini.

Keempat faktor pemicu mood swing di atas hanya sebagian saja dari kompleksnya penyebab suasana hati pada tiap individu. Dari keempat poin tersebut kamu bisa mengidentifikasi penyebab mood swing kamu. Next, kita akan bahas tentang cara mengatasi mood swing yang efektif dan tentunya islami, insya Allah. Stay tune ya... (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version