View Full Version
Ahad, 25 Sep 2016

Bekerjasama dengan JIB, DKM Ulul Abshor Unpas Gelar Kajian 'Sejarah Jejak Islam di Nusantara'

BANDUNG (voa-islam.com) – DKM Ulul Abshor Unpas bekerjasama dengan Jejak Islam untuk Bangsa (JIB) menggelar kajian Ngobras (Ngobrol Bareng tentang Sejarah), pada Selasa (20/09), yang diselenggarakan di Masjid Ulul Abshor, Kampus I Unpas, Jl. Lengkong Besar No.68, Bandung. Hadir sebagai pembicara Sejarawan Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum.

Menurut Ketua DKM Ulul Abshor Irfan Saeful Wathon kajian ini merupakan program pertama DKM Ulul Abshor sejak ia diamanahi sebagai Ketua DKM, sekaligus kajian perdana Ngobras denga tema ‘Sejarah Jejak Islam di Nusantara’ yang bekerjasama dengan JIB.

“Alhamdulillah kajian perdana dengan bekerjasama JIB bisa terlaksana. In sya Allah kajian tentang Sejarah Islam di Indonesia ini akan diadakan rutin ke depannya,” katanya.

“Sejak info kajian ini disebar melalui medsos, ada banyak sekali yang nanya kepada saya dari berbagai daerah, apakah kajiannya akan rutin, atau apakah setelah kajian ini akan dibentuk komunitas. Saya menjawab tujuan kegiatan ini bukan untuk membuat komunitas, tapi kalau ke depannya akan dibuat komunitas, kita lihat saja ke depannya seperti apa,” lanjutnya menceritakan antusias dari kegiatan ini.

Dr. Tiar mengatakan pentingnya belajar sejarah, baik sejarah Islam di dunia, kemudian sejarah Islam di Nusantara. Menurutnya, saat ini kalangan muda maupun kalangan tua belum masih belum memperhatikan penting sejarah

Dalam kesempatan menyampaikan materi, Dr. Tiar mengatakan pentingnya belajar sejarah, baik sejarah Islam di dunia, kemudian sejarah Islam di Nusantara. Menurutnya, saat ini kalangan muda maupun kalangan tua belum masih belum memperhatikan penting sejarah.

“Padahal sejarah itu adalah alat ideologi. Baik itu ideologi-ideologi yang merupakan hasil pemikiran manusia, maupun ideologi-ideologi mengatasnamakan agama seperti Kristen, Yahudi, atau juga Syiah,” ujarnya.

Kajian Ngobras perdana ini dihadiri oleh Mahasiswa-mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Fisip Unpas. Selain dari Unpas, hadir juga beberapa mahasiswa dari ITB, dan masyarakat umum. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version