View Full Version
Ahad, 28 May 2017

Dakwah Bukan Cuma Tugas Ustadz, Yuk Berdakwah via Poster Meski Cuma 1 Ayat

SOLO (voa-islam.com) - Setiap Ramadhan pasti semua umat Islam ingin menambah pundi-pundi pahala, baik melalui shalat malam, membaca Al Quran, membagikan sebagian rezeki, dan banyak ragam lainya.

Meraih pahala dengan berdakwah pun kini tak lagi menjadi monopoli para ustadz dan ulama, apalagi ladang dakwah kini makin melebar antara orang awam dan ilmu-ilmu Islam, akibatnya menebar kebaikan pun perlu strategi jitu dan membumi, salah satunya dengan menggunakan poster dakwah untuk memberikan kabar gembira dan pengingat bagi umat Islam. Ya itu tentu tak lagi domain para ustadz, melainkan sudah menjadi domain semua umat Islam yang ingin berlomba-lomba meraih pahala, meskipun hanya dengan satu ayat.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Seputar perawi hadits, Hadits ini diriwayatkan oleh shahabat Abdullah bin 'Amr ...

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Seputar perawi hadits :

Hadits ini diriwayatkan oleh shahabat Abdullah bin ‘Amr bin Al Ash bin Wa’il bin Hasyim bin Su’aid bin Sa’ad bin Sahm As Sahmiy. Nama kunyah beliau Abu Muhammad, atau Abu Abdirrahman menurut pendapat lain. Beliau adalah salah satu diantara Al ‘Abaadilah (para shahabat yang bernama Abdullah, seperti ‘Abdullah Ibn Umar, ‘Abdullah ibn Abbas, dan sebagainya –pent) yang pertama kali memeluk Islam, dan seorang di antara fuqaha’ dari kalangan shahabat. Beliau meninggal pada bulan Dzulhijjah pada peperangan Al Harrah, atau menurut pendapat yang lebih kuat, beliau meninggal di Tha’if.

Poin Pertama kandungan hadits :

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menyampaikan perkara agama dari beliau, karena Allah subhanahu wa ta’ala telah menjadikan agama ini sebagai satu-satunya agama bagi manusia dan jin (yang artinya), “Pada hari ini telah kusempurnakan bagimu agamamu dan telah kusempurnakan bagimu nikmat-Ku dan telah aku ridhai Islam sebagai agama bagimu” (QS. Al Maidah : 3). Tentang sabda beliau, “Sampaikan dariku walau hanya satu ayat”, Al Ma’afi An Nahrawani mengatakan, “Hal ini agar setiap orang yang mendengar suatu perkara dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersegera untuk menyampaikannya, meskipun hanya sedikit. Tujuannya agar nukilan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dapat segera tersambung dan tersampaikan seluruhnya.”

Hal ini sebagaimana sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Hendaklah yang hadir menyampaikan pada yang tidak hadir”. Bentuk perintah dalam hadits ini menunjukkan hukum fardhu kifayah.

Poin Kedua Kandungan Hadist

Tabligh, atau menyampaikan ilmu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terbagi dalam dua bentuk :

  1. Menyampaikan dalil dari Al Qur’an atau sebagiannya dan dari As Sunnah, baik sunnah yang berupa perkataan (qauliyah), perbuatan (amaliyah), maupun persetujuan (taqririyah), dan segala hal yang terkait dengan sifat dan akhlak mulia Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Cara penyampaian seperti ini membutuhkan hafalan yang bagus dan mantap. Juga cara dakwah seperti ini haruslah disampaikan dari orang yang jelas Islamnya, baligh (dewasa) dan memiliki sikap ‘adalah (sholeh, tidak sering melakukan dosa besar, menjauhi dosa kecil dan menjauhi hal-hal yang mengurangi harga diri/ muru’ah, ed).
  2. Menyampaikan secara makna dan pemahaman terhadap nash-nash yang ada. Orang yang menyampaikan ilmu seperti ini butuh capabilitas dan legalitas tersendiri yang diperoleh dari banyak menggali ilmu dan bisa pula dengan mendapatkan persaksian atau izin dari para ulama. Hal ini dikarenakan memahami nash-nash membutuhkan ilmu-ilmu lainnya, di antaranya bahasa, ilmu nahwu (tata bahasa Arab), ilmu-ilmu ushul, musthalah, dan membutuhkan penelaahan terhadap perkataan-perkataan ahli ilmu, mengetahui ikhtilaf (perbedaan) maupun kesepakatan yang terjadi di kalangan mereka, hingga ia mengetahui mana pendapat yang paling mendekati dalil dalam suatu masalah khilafiyah. Dengan bekal-bekal ilmu tersebut akhirnya ia tidak terjerumus menganut pendapat yang ‘nyleneh’.

YUK BERDAKWAH Meskipun Cuma 1 Ayat

Untuk menjangkau umat Islam yang awam tak mudah menyentuhnya dalam waktu singkat, butuh waktu untuk mengundang mereka menghadiri kajian-kajian, bedah buku dan tabligh akbar, nah mari kita mulai dari yang paling populer dan berbicara dengan gaya bahasa mereka...

Salah satunya dengan POSTER DAKWAH KEREN INI, dan kerennya selain antum berdakwah dengan menyebarkan poster, antum pun dapat pahala dengan mendonasikan 50% dari keuntungan untuk lembaga dakwah MDC (Muslim Designer Community) yang senantiasa berkhidmat untuk dakwah populer dikalangan generasi muda dan masyarakat umum dengan sentuhan seni berkualitas dan desain penuh makna.

Hanya dengan Rp.99,000/Poster, antum telah berdonasi sekitar Rp. 50,000 dan ongkos cetak poster Rp. 80,000, kepada Lembaga Dakwah MDC dan sekaligus dapat menebar poster untuk umat Islam. Donasikan diberikan kepada divisi developmet mdc yang menangani dompet dakwah MDC.

Ayo berlomba-lomba dalam kebaikan alias fastabiqul khairat...

BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIKAN (FASTABIQUL KHOIROT)

Surat Al Baqarah ayat 148
ﻭَﻟِﻜُﻞٍّ ﻭِﺟْﻬَﺔٌ ﻫُﻮَ ﻣُﻮَﻟِّﻴﻬَﺎ ﻓَﺎﺳْﺘَﺒِﻘُﻮﺍْ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ ﺃَﻳْﻦَ ﻣَﺎ ﺗَﻜُﻮﻧُﻮﺍْ ﻳَﺄْﺕِ ﺑِﻜُﻢُ ﺍﻟﻠّﻪُ ﺟَﻤِﻴﻌﺎً ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠّﻪَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ Artinya : Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( Q.S Al- Baqarah : 148 ) 

JIKA INGIN BERDAKWAH VIA POSTER, YUK BERLOMBA dan BERSEGERA sebelum RAMADHAN USAI

Pilih tema Poster dan Donasikasin senilai Rp. 149,000/poster ukuran 50 x 100cm pada kertas ART PAPER 150 GR

Tulis Data Antum:

Nama:

Alamat:

Kodepos:

Hp:

Tema Poster: Nomor (1) dst.. (12)

KIRIM WA/SMS ke 0817852277

HARGA DONASI + CETAK POSTER : Rp. 149,000 + Ongkir 


latestnews

View Full Version