View Full Version
Senin, 29 May 2017

Meneladani Nabi dengan Sederhana, Panduan menjadi Remaja Bertakwa

Judul Buku: Fattabiuni (Ikuti Sunnahku), Gaul Cara Nabi

Penulis: Muhammad bin Abdurrahman, Ulama Saudi Arabia

Penerbit: Nourabooks

Tahun: 2017

Tebal: 194 halaman

Membaca nama penulis buku ini, bayangan yang muncul adalah buku berat dan tebal karena ditulis oleh seorang ulama dari Saudi. Eits, jangan salah. Ternyata isinya sangat jauh dari perkiraan semula. Bahasa yang sederhana, pemaparan yang singkat tapi jelas serta bahasa visual memenuhi buku ini.

Sepintas kayak komik tapi bukan. Gambar yang hadir tidak berupa dialog tapi lebih kepada monolog. Atau bisa juga itu sebetulnya ide kreatif penyusun yaitu menyajikan dalil dan pemaparan syar’i tapi dengan gambar dan sosok yang anonim. Bahasan dibuka dengan sunnahnya mengucap salam dan ditutup dengan bab mencintai lingkungan.

...Secara umum, buku ini menuntun pembaca utamanya remaja untuk berakhlak mulia sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Topik yang dibahas pun sangat dekat dengan keseharian...

Disajikan dalil betapa Rasulullah juga menanam 200 pohon kurma untuk Salman Al Farisi. Diikuti dengan penjelasan berupa poin-poin. Misalnya fungsi menanam pohon untuk revitalisasi tanah atau menghidupkan tanah mati. Setelah beberapa alasan dikemukakan, ditutup dengan dalil haramnya menebang pohon bahkan dalam kondisi perang sekalipun.

Secara umum, buku ini menuntun pembaca utamanya remaja untuk berakhlak mulia sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Topik yang dibahas pun sangat dekat dengan keseharian. Misalnya saja menutup aib saudaranya, bagaimana menyikapi saat mendapat pujian, dan tak lupa pula adab dalam bergurau.

Lebih asyik lagi ketika dalil yang ada dikaitkan dengan konteks kekinian sehingga pembaca bisa bercermin. Sangat pas untuk panduan remaja dalam bersikap agar selalu dalam koridor syariat. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

 


latestnews

View Full Version