View Full Version
Selasa, 30 May 2017

8 Kegiatan Asyik di Bulan Ramadlan

Oleh: Asti Marlanti, S.Pt

(Praktisi Remaja, Guru Privat dan Ibu Rumah Tangga)

Hai Sobat, sudah pasti tau kan klo Ramadlan itu adalah bulan yang istmewa? Pasti tau lah.. apalagi di bulan tersebut Allah telah berjanji melipatgandakan pahala.. Pokoknya obral pahala dech.. Bahkan setan bin iblis pun dibelenggu. So, jangan cuma bengong aja ngabisin waktu di bulan suci Ramadlan. Jangan juga cuma wasting time jalan-jalan ke mall, atau mainin PS dan gadget sampai beduk Maghrib. Apalagi kalau Ramadlan diisi pake pacaran, idiih ga banget dech…

Ngapain dong kalau gitu di bulan Ramadlan? Eits, banyak lho kegiatan yang asyik-asyik kalau kita mau ikutan. Udahlah asyik, dijamin bermanfaat, dapet pahala juga dari yang nyiptain kita. Nah, supaya kamu nggak ketinggalan kereta mulai dong buat jadwal semua kegiatan yang asyik-asyik untuk di bulan Ramdlan nan suci ini.

1. Tahajud

Sobat, sebelum tidur, kita setting alarm dulu agar bisa bangun pas sahur. Setelah alarm bunyi, kita bangun. Lalu ngapain..? Ya bangun dong, masa matiin alarm lalu tidur lagi. Eits.. ga dong, kan sudah berniat untuk bangun lalu ambil wudlu untuk sholat tahajud dan berdo’a sama Allah agar semua keinginan kita dikabulkan.. Mustajab lho, sob.. Ga percaya? Buktiin aja sendiri…

2. Beres Sahur

He…he…he…biasanya sih narik bantal dan selimut lagi, terus ngeringkuk mirip kepompong. Bangun-bangun setengah enam. Waduh..!! kesiangan deh sholat shubuhnya! Hayo ngaku… Ga la yauww.. Banyak kegiatan yang asyik lho, sob. diantaranya:

• Ambil Qur'an, gebet terus sampai pingsan, eh sampai shubuh. Terus jalan kaki deh ke mesjid ikutan shalat shubuh berjamaah.

• Udahan? Not yet. Kalau ada kultum atau ceramah ba’da shubuh kenapa nggak ikutan. Asyik lho. Nah, biar seru ajak deh geng-mu, atau adik dan kakakmu. Apalagi kalau kultum-nya interaktif bisa chatting atau WinPopup (komputer kali!), maksudnya ada acara tanya jawab. Kenapa nggak ikutan nanya hal-hal yang kita nggak tahu di sini.

3. Pagi ampe siang

Selain sekolah, biasanya suka ada tuh kegiatan sanlat di sekolah masing-masing. Nah, ikutan dongs pasti bakal dapat ilmu yang banyak nambah temen baru pula, seru khaan! Oiya, selain sanlat ikutin juga tuch kajian-kajian Remaja di sekitar daerahmu, Sob.. atau ikutan Ramadlan Camp, wuiiiihhh itu serunya bejibun bangets… Ayoo, hurry up daftar..!!

4. Siang sampe sore

Nggak jamannya lagi cuma diisi tidur siang. Emang sih tidur siangnya orang yang puasa itu beribadah, tapi kurang produktif juga. Gimana kalau kamu mulai ngumpulin buku-buku bacaan yang asyik punya. Pokoknya mulai deh cinta membaca. Kagak rugi.Supaya seru, gimana kalau tuker-tukeran buku. Lebih ngirit en jadi makin banyak bacaan kita. Tapi kalau udah tukeran jangan lupa ngembaliin ya? Hi…hi….

5. Menjelang buka

Pastinya bantuin mami di dapur. Buat yang cewek ini udah kudu dijalanin. Latihan masak itu penting lho! Gimana caranya bikin tahu isi, apa toge-nya kudu dilempengin dulu, atau ga… he..he… kelamaan keles... Nah, itu kegiatan rutin yang dijamin seru.. Buat mahluk cowok, nggak ada salahnya juga ikutan nimbrung di dapur. Awas aja jangan sambil ngemilin goreng tempe atau bala-bala. Batal dikau nanti! Bisa juga kamu jalan-jalan disuruh mami beli apa kek yang asyik buat buka.

6. Ramein masjid

Yang jelas bukan ngebakar petasan sama mercon di depan mimbar, atau ngegulingin beduk. Be creative donk! Usulin bikin acara buka puasa bersama di mesjid deket rumah atau di sekolah. Undang penceramah dan jadi seru deh sambil jelang buka puasa.

7. Tarawih

Jangan kekenyangan buka puasanya, siapin diri untuk shalat tarawih.. Terserah kamu deh mo yang 11 rakaat atau 23 rakaat, mana aja sesuai keyakinan kamu masing-masing. Mo muter-muter cari mesjid yang lain biar variasi oke juga. Ajak geng-mu tarawih keliling. Seru deh!

8. Acara lain:

Kegiatan seru bukan cuma yang ada di depan mata, yang bisa diliat atau didenger juga banyak. Contohnya nich, nongkrong depan tivi atau radio juga masih ada kegiatan positifnya, tapi pilih-pilih yang ada ceramahnya. Di radio juga sama, simak aja acara-acara nan seru di sana. Gimana sob? Kegiatannya asyik-asyik khaan. So lets do it! [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version