View Full Version
Ahad, 06 Aug 2017

Menelisik Kepemimpinan Umar Bin Khattab Terkait Perlindungan Lingkungan

Oleh: Siti Rohmah (Mahasiswi STEI SEBI Depok)

Pada masa sekarang banyak sekali terjadi kerusakan lingkungan yang sangat mengkhawatirkan disebabkan oleh perilaku manusia yang kurang perduli terhadap keberlangsungan lingkungan hidup. Lingkungan dalam artian keseluruhan yang mencakup tempat tinggal manusia beserta apa yang ada di dalamnya baik itu unsur materi maupun sosial.

Pencemaran, eksploitasi sumber daya alam merupakan dua diantara kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini. Kerusakan lingkungan menjadi masalah terbesar yang dihadapi oleh manusia, karena semua aktifitas manusia bersentuhan langsung dengan lingkungan. Apabila terjadi permasalahan lingkungan pasti berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar.

Bagaimana tidak, jika terjadi kerusakan lingkungan masyarakat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya sebab sumber daya alam yang ada mengalami kerusakan. Padahal Allah sudah memperingatkan dalam surah Q.S Ar-Rum ayat 41:

ظَهَرَالفَسَا دُ فِي البَرِّ وَالبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيدِى النَّاسَ لَيُذِيقَهُم بَعضَ الَّذِي عَمِلُو الَعَلَّهُم يَر جِعُونَ  

Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) dari perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Perilaku manusia lah yang menyebabkan kerusakan lingkungan itu sendiri dengan melakukan peperangan di luar koridor syariat Allah SWT. Berbagai kajian dan penelitian telah dilakukan guna mencari tahu penyebab terjadinya kerusakan lingkungan.

Padahal Islam telah mengajarkan bahwa masalah lingkungan merupakan masalah perilaku manusia yang menyimpang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan cara penanggulangannya dengan menanamkan akidah dan akhlak yang baik kepada manusia bahwa lingkungan merupakan ciptaan Allah SWT yang harus dijaga dan dilindungi keberadaanya.

Amirul mu’minin Umar Bin Khattab r.a sangat memperhatikan lingungan, memang permasalahan lingkungan yang dihadapi di masa Umar Radhiyallahu Anhu tidak serumit pada saat ini, akan tetapi tindakan-tindakan perlindungan lingkungan yang dilakukan Umar Radhiyallahu Anhu pada masa ke khalifahannya patut dicontoh dan diterapkan dalam mengatasi permasalahan lingkungan saat ini.

Dalam hal perlindungan lingkungan Umar Radhiyallahu Anhu selalu mengaitkannya dengan aktifitas ekonomi suatu negara seperti produksi dan konsumsi. Karena semakin meningkatnya jumlah penduduk maka semakin besar kebutuhan masyarakat. Akibatnya jumlah produksi industri harus ditingkatkan, yang disertai dengan mengeksploitasi sumber daya alam yang ada, tanpa meningkatkan penanganan terhadap lingkungan akibat negatif dari kemajuan industri dalam lingkungan.

Strategi  Khalifah Umar Radhiyallahu Anhu terhadap tanah di negara yang ditaklukkan adalah dengan melakukan penjagaan terhadap pertumbuhan lingkungan, baik tumbuhan maupun hewan. Tanpa merebut kepemilikan tanah dan mendorong mereka untuk mengelola lahan mereka, akan berdampak pada kelestarian lingkunga yang berkelanjutan dan mereka dapat hidup makmur dari hasil memelihara tanah tersebut.

Jarang sekali menemukan sejarah dimana negara yang ditaklukan diminta untuk memelihara lahannya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri, karena yang sering kita temukan adalah peperangan demi peperangan yang justru merusak lingkungan.

Inilah strategi yang dilakukan Umar Radhiyallahu Anhu dalam menjaga lingkungan, masih banyak lagi tindakan-tindakan yang dilakukan khalifah Umar dalam perlindungan lingkungan yang kelihatannya sederhana akan tetapi membawa dampak yang luar biasa bagi keberlangsungan lingkungan. [syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version