View Full Version
Senin, 16 Oct 2017

SMAN 3 Cimahi Tangkal Dampak Negatif Gadget Dengan Akhlak Islam

CIMAHAI (voa-islam.com) - Kedekatan pelajar dengan gadget tidak selalu memberi dampak positif pada siswa, sebagian orang tua dan guru  justru semakin khawatir dengan dampak negatif benda yang semakin erat di genggaman siswa-siswi ini.

Kekhawatiran tersebut salah satunya datang dari kepala SMAN 3 Cimahi, Nelly Krisdiyana. Ia mengaku khawatir dengan dampak negatif dari telepon pintar yang dekat dengan genggaman siswa saat ini.

“Kita tidak bisa memungkiri bahwa kemajuan teknologi juga banyak mengandung hal negatif,” katanya di SMAN 3 Cimahi, Jalan pesantren,  Jumat yang lalu.

Kekhawatiran itu muncul saat beberapa kali mendapati sejumlah siswa kedapatan memiliki gambar porno yang tersimpan di hanphone  (HP) saat dilakukan razia oleh guru-guru.

“Dulu anak-anak sering sekali membuka vidio tidak senonoh di HP mereka, jadi kita rutin razia HP dan masih ada kita temukan,” tutur Nelly.

Namun meski mengaku khawatir, dirinya yakin bisa mengatasi semua problem tersebut dengan menerapkan pendidikan karakter Islam. Dengan memberikan pemahaman islam pada siswa, dirinya yakin mereka tidak hanya berpikir hukuman yang diberikan oleh guru, namun juga akan mulai menyadari dosa dari perbuatan tersebut.

“Meski sebenarnya ada kekhawatiran dari kami akibat modernisasi dan perkembangan teknologi yang begitu dahsyat. Hanya saja karena di sekolah kami mayoritas beragama islam, sehingga kita mengimplementasikan pendidikan karakter,” ungkapnya.

Nelly menambahkan, untuk mengaplikasikan Islam di sekolahnya tidak begitu sulit karena mayoritas muslim. Namun meski mayoritas, pihak sekolah juga tetap mempersilahkan pada non muslim untuk mempelajari kitabnya masing-masing.

“Alhamdulillah di SMAN 3 sendiri mayoritas muslim, jadi tidak sulit untuk kita menerapkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sekolah,” tambahnya. [saifal/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version