View Full Version
Selasa, 23 Jan 2018

Tingkatkan Semangat Belajar Islam, Puluhan Mahasiswa Ikuti Ngariung Dakwah

CIMAHI (voa-islam.com) - Puluhan Mahasiswa di Kota Cimahi mengikuti agenda Ngariung Dakwah (Ngada) yang di selenggarakan di masjid Bahrul Ulum, Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu, (13/1/18). Ngariung Dakwah merupakan istilah sunda yang artinya berkumpul dalam dakwah atau berkumpul dalam membicarakan perkara dakwah.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap Sabtu sore dengan membahas materi-materi Islam mulai dari Akhlaq hingga sejarah kegemilangan dunia Islam.

Kegiatan kali ini membahas sejarah kegemilangan Islam, hal ini dilakukan guna memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar semangat dalam memperjuangkan Islam.

"Kegiatan kali ini membahasa tentang sejarah kegemilangan Islam, agar meningkatkan motivasi mereka agar mau mengkaji Islam lebih mendalam," Kata Zulkefli selaku pemateri.

Dalam pembahasannya, Zul menyebutkan bahwa umat Islam itu merupakan umat yang terbaik di tengah-tengah umat manusia. Artinya dimanapun mereka berada selagi umat manusia itu berkumpul maka umat Islam lah yang terbaik hal ini sesuai firman Allah

"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah..” (QS. Ali ‘Imran [3]: 110). 

Namun menurutnya umat Islam saat ini tidak sesuai lagi dengan ayat diatas, seakan ada sesuatu yang salah.

"Namun hal ini mulai hilang saat ini, seakan ada sesuatu yang terjadi, padahal Umat Islam adalah umat yang terbaik," kata Zul.

Keadaan ini sekan berbanding terbalik dengan firman Allah dalam Qur'an Surah Ali Imron ayat 110. Saat ini yang menyampaikan Islam sekan dibatasi, yang berjenggot kerap mendapat label teroris. Hijab dianggap hal yang aneh, pembantaian umat Islam terjadi dimana-mana.

"Maka ada pertanyaan kenapa wajah Islam saat ini seperti ini, padahal saat ini untuk belajar Islam tidaklah sulit, buku-buku Islam juga banyak " tutur Zul.

Dirinya menambahkan, hal tersebut terjadi karena beberapa hal, diantaranya memudarnya ketakwaan individu umat Islam, berkurangnya masyarakat yang melakukan amar ma'ruf nahi munkar, dan tidak adanya kepemimpinan Islam yang satu.

Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan Ngariung Dakwah ini semakin banyak yang akan menyebarkan kebaikan sesuai syariat Islam. Para mahasiswa ini diharapkan usai mempelajari Islam bersama nantinya bisa disebarkan juga. [ifal/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version