View Full Version
Selasa, 29 Jan 2019

Ukhuwah dalam Islam

Sahabat VOA-Islam...

Islam adalah agama yang sempurna. Segala sesuatu dalam Islam, semuanya telah diatur. Dalam dunia sosial, ada hubungan rasa persaudaraan dan kekerabatan yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Hal ini telah diatur dalam Islam, yang sering disebut dengan ukhuwah.

Ukhuwah dartikan sebagai persaudaraan. Dalam lingkungan umat Islam, ukhuwah berkembang menjadi ukhuwah islamiyah, yakni persaudaraan yang berlandaskan persamaaan akidah, berlandaskan kebersamaan dalam agama Islam. Allah SWT., berfirman dalam QS. Al-Hujurat : 10, yang artinya :

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”

Dalam Islam ukhuwah terbagi menjadi; ukhuwah islamiyyah, ukhuwah wathaniyyah, ukhuwah fi al-wathaniyyah wa al-nasab, dan ukhuwah insaniyyah.

  • Ukhuwah Islamiyyah

Ukhuwah ismiyyah seperti yang telah disinggung di atas, ialah ukhuwah yang berlandaskan persamaan agama Islam. Ukhuwah ini tidak tebatas wilayah geografis, kebangsaan maupun batasan keturunan. Siapapun dan dimanapun, ketika seseorang beragama Islam maka ia bersaudara dengan umat islam lainnya.

“Orang mukmin terhadap orang mukmin lainnya adalah laksana bangunan. Sebagian menguatkan sebagian yang lain.” (HR. Bukhari)

  • Ukhuwah Wathaniyyah

Persaudaraan yang berlandaskan kesamaan wilayah tempat tinggal disebut dengan ukhuwah wathaniyyah. Dapat diterjemahkan bahwa Islam mengajarkan persaudaraan yang  mencakup kesamaan kebangsaan tanpa menghiraukan perbedaan agama. Perbedaan bukanlah hal yang menjdikan perpecahan. Perbedaan itu sendiri merupakan kenhendak allah SWT.. Allah berfirman dalam QS. Al-Maidah : 48, yang artinya :

“Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah menguji Allah terhadappemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.”

  • Ukhuwan  fi al-Wathaniyyah wa al-Nasab

Ukhuwan  fi al-Wathaniyyah wa al-Nasab adalah persaudaraaan kebangsaan dan seketurunan. Prinsip yang paling cocok dalam hubungan ukhuwah ini adalah prinsip toleransi. Yaitu adanya interaksi antar umat beragama, saling menghormati keyakinan orang lain, tidak mengganggu ibadah orang lain yang berbeda keyakinan dan terus menjaga persaudaraan.

  • Ukhuwah Insaniyyah

Ukhuwah insaniyyah adalah persaudaraan sesama umat manusia. Dalam Islam juga dikenal istilah ukhuwah basyariyyah. Persaudaraan yang didasarkan atas dasar kemanusiaan yang sama-sama tinggal di bumi Allah dan saling membutuhkan.

Demikian persaudaraan dalam Islam. Dengan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang ukhuwah, diharapkan ukhuwah antar umat manusia bisa terjalin dengan lebih baik dan hangat. Aamiin. [syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version