View Full Version
Jum'at, 15 Mar 2019

Masyaallah, Santri SMA Ar-Rohmah Putri Hafal 30 Juz Al-Qur'an dalam 4,5 Bulan

MALANG (voa-islam.com)--Satu lagi santri SMA Ar-Rohmah Putri Boarding School menorehkan prestasi di bidang Al-Qur'an, Jum'at (15/3). Bey Fitria Salsabila, santri 'Program Kelas Takhassus', mampu menghafal 30 juz Al-Qur'an dalam waktu 4,5 bulan saja.

Alumni SMP Ar-Rohmah Putri tersebut, menjadi santri tercepat yang menuntaskan target hafalannya. Sedianya hafalan Al-Qur'an 30 juz itu selesai dalam 8 bulan.
 
Penanggung Jawab 'Program Kelas Takhassus' Abidatul Muthi'ah mengatakan, kunci keberhasilan Bey menyelesaikan hafalan dalam waktu singkat itu adalah ketekunan dan kesabarannya.
 
"Tekadnya menjadi seorang hafizhah sangat kuat," ujarnya.
 
Menurutnya, Bey memiliki motivasi yang tinggi untuk mengafal Al-Qur'an. Sejak awal santri asal Surabaya itu, telah berazam segera menuntaskan target hafalannya. Prinsipnya, lebih baik berpayah - payah di awal dari pada di akhir. Meski tak mudah, berbagai halangan dan rintangan dalam menghafal 30 juz Al-Qur'an itu, bisa ia lewati.
 
Dalam satu bulan, santri yang masih berusia 15 tahun itu bisa menghafal lebih dari empat juz. Agar kualitas hafalan tetap terjaga, ia menghindari berbagai hal yang dapat merusak hafalannya.
 
Tangis haru dan bahagia pun tampak dari wajah putri pasangan Yasna Mochamad Arifin dan Ida Mulyati itu. Saat setoran hafalan terakhir ia selesaikan. Menggenapi jumlah hafalan Al-Qur'annya menjadi 30 juz.
 
Wakil Kepala Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri, Utifah mengemukakan, 'Program Kelas Takhassus' itu ditempuh selama empat tahun. Di tahun pertamanya para santri fokus menuntaskan hafalan Al-Qur'an 30 juz. Tidak ada pelajaran akademik maupun diniyah. Pembelajaran yang diterima hanya terkait dengan Al-Qur'an dan adab.
 
Di tahun kedua barulah mereka tercatat sebagai santri kelas 10 SMA. Mengikuti pembelajaran akademik maupun diniyah. Masuk di jurusan IPA atau IPS. Di tahun itu pula, meraka fokus memuraja'ah hafalan Al-Qur'an 30 juz yang dimiliki. Hingga memperoleh sanad di tahun keempat atau kelas 12 SMA.* [Hery/Syaf/voa-islam.com]
Share this post..

latestnews

View Full Version