View Full Version
Ahad, 18 Aug 2019

Allah Ta'ala Sebaik-baiknya Tempat Kita Curhat

 

Oleh:

Dhiya Absharina

Mahasiswi STEI SEBI Depok, Jawa Barat

 

CURHAT singkatan dari curahan hati,posisi disaat kita sedang merasakan berbagai ekspresi rasa dan ingin menyampaikannya kepada orang lain agar hati merasa lebih lega karena tidak memendam perasaan seorang diri.

Mengapa Allah Swt. Sebaik-baik nya tempat kita curhat ?

Allah Swt. Menciptakan kita,bumi dan alam semesta. Tentunya,Allah sangat mengetahui segala tentang hamba nya, dan tak sedikit pun terlewatkan. Allah pula sangat tahu apa yg lebih baik untuk kita,apa yang kita inginkan, dan lebih mengerti kita hambaNya.

Beberapa hal yang harus di hindarkan saat kita curhat :

1. Dukun/paranormal yang bersekutu dengan jin dan syaiton.

 Walau sudah zaman modern seperti ini,masih banyak orang yang mendatangi dukun. Mereka bercerita segala hal tentang mereka,bahkan rahasia pun mereka bongkar. Mereka mengatakan apa yang mereka mau kepada dukun,dengan harapan dukun bisa memberi jalan keluar,dan mengabulkan segala yang di inginkan. Padahal itu hal yang sangat Allah swt benci dan termasuk dosa yang tidak terampuni,karena itu perbuatan menyekutukan Allah swt. Mempercayai selain Allah Swt.

2. Manusia

 Tidak ada jaminan manusia bisa memberi jalan keluar dengan baik saat kita curhat kepadanya. Saat kita cerita bahagia pun,belum tentu diarahkan dengam rasa syukur yang benar. Dan apalagi hal-hal yang bersifat rahasia, belum tentu mereka bisa menjaga rahasia kita dengan baik.karena mereka tidak berada di posisi apa yang sebenarnya kita rasakan,dan inginkan. Mereka tidak mengerti. Allah swt. Pun meperingatkan kita untuk tidak bergantung pada manusia karna bisa jadi hanya akan ada kekecewaan akhirnya.

3. Diri sendiri

Terkadang banyak dari kita,terutama kalangan introvert yang sulit terbuka dengan orang lain memilih bercerita dengan diri sendiri. Hal itu bahkan sangat tidak baik,karna hati dan otak terkadang berbeda pilihan jalan. Sehingga jika kita tidak kuat iman akan ada kemungkinan salah jalan.

4. Social Media

 Zaman modern seperti ini,dimana-mana  semua orang banyak yang tiap waktu nya update di social media. Entah itu curhat lewat status atau mengupload foto dengam caption perasaan yang sedang dirasa. Curhat di social media sangat tidak baik,bisa memperburuk mental kita,dan sudah pasti pandangan publik tidak baik terhadap kita. Dan curhat di social media,kemungkinan tidak akan memberi jalan keluar,atau bahkan memperkeruh keadaan.

Maka dari itu,kita sebagai hamba Allah Swt.saat kita merasakan apapun,ada baiknya kita sujud dan menceritakan segalanya kepada pencipta kita. Karna hanya Allah maha mengetahui perasaan hambanya. In syaa Allah,apa yang kita inginkan akan di jabah oleh Allah Swt.

Dan tidak ada salah nya jika kita bercerita kepada kedua orang tua,karna pasti apapun itu keputusan orang tua selagi itu baik pasti demi kebaikan kita sendiri.

Jangan lupa bersyukur,selalu berdoa dan rajin ibadah. Perbanyak komunikasi dengan Allah. Agar hati kita selalu damai.*


latestnews

View Full Version