View Full Version
Jum'at, 30 Jan 2015

Telah Ditemukan Super Hydrophobic, Logam Penolak Air Selain Teflon

AMERIKA (voa-islam.com) - Sebuah inovasi yang bisa banyak mengubah kehidupan masyarakat, terutama dunia industri telah ditemukan peneliti Amerika Serikat. Mereka berhasil menciptakan logam penolak air dengan permukaan struktur nano.

Lewat video yang diunggah di YouTube terlihat bagaimana tetesan air memantul seperti balon air dari permukaan logam yang hidrofobik tersebut. Temuan ini juga lebih efektif menahan air daripada logam yang diberi lapisan, semacam Teflon.

Permukaan logam dengan ukiran sangat kecil ini bisa menjadi terobosan baru di dunia industri. Logam ini juga lebih aman dan tahan lama dibandingkan lapisan kimia sementara yang bisa lepas dan aus.

Penemu logam itu, Chunlei Guo dari University of Rochester, mengatakan penerapan teknologi baru ini antara lain bisa mencegah membekunya es pada sayap pesawat.

Dan menjaga toilet tetap bersih di negara berkembang yang kekurangan air—fungsi yang mendapat perhatian Bill & Melinda Gates Foundation yang juga membantu pendanaan penelitian ini.

Peneliti pada riset sebelumnya menggunakan teknik gravir laser yang mirip. Mereka, kata Chunlei Guo, mengubah warna logam menjadi hitam dengan meningkatkan kepadatan optis. Kombinasi sifat penyerapan cahaya dan penolakan air bisa menghasilkan panel surya yang lebih efisien—tidak akan berkarat dan tidak perlu sering dibersihan.

Berikut video mengenai logam tersebut.

[DW/Pur/pribumi]


latestnews

View Full Version