View Full Version
Senin, 29 May 2017

Ilmuwan Temukan Tiga Planet Baru Seukuran Bumi?

FLORIDA (voa-islam.com)- Para astronom menemukan sistem bintang yang dekat dengan sistem tata surya. Sistem bintang ini dikelilingi tujuh planet seukuran bumi yang tiga di antaranya mengitari bintang induknya pada jarak cocok untuk adanya air cair. Kemungkinan memuat kehidupan.

Kesimpulan itu didapat dari hasil riset yang disiarkan Rabu waktu setempat. Bintang yang dinamai TRAPPIST-1 adalah benda angkasa kecil dan redup yang berada dalam konstelasi Aquarius. Lokasinya berada sekitar 40 tahun cahaya dari bumi.

Para peneliti mengatakan kedekatannya dengan sistem tata surya ini, ditambah ukuran planet-planetnya yang secara proporsional besar dibandingkan dengan bintang kecil itu, telah menjadi target bagus untuk penelitian selanjutnya. Demikian dikutip dari Antara.

Para ilmuwan berharap bisa memindai atmosfer planet-planet itu mengenai kemungkinan adanya jejak kimiawi kehidupan di sana. "Saya kira hal itu membuat kami merasa telah menciptakan langkah penting ke arah penemuan, seandainya ada kehidupan di luar sana," kata astronon Universitas Cambridge Amaury Triaud kepada wartawan, Selasa waktu AS.

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Nature edisi pekan ini tersebut didasarkan pada riset sebelumnya yang menyimpulkan tiga planet mengitari bintang TRAPPIST-1. Ketiganya adalah di antara 3.500 planet yang ditemukan di luar sistem tata surya yang lazim disebut eksoplanet.

Para peneliti memokuskan perhatian kepada penemuan planet berbatu seukuran Bumi dengan temperatur yang cocok untuk terciptanya air, jika ada, dalam bentuk cair, yang adalah kondisi dibutuhkan untuk adanya kehidupan. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version