View Full Version
Rabu, 29 Jul 2009

Pengadilan Maroko Menghukum Aktivis Islam

Seorang lelaki Maroko kelahiran Belgia yang di tuduh memimpin sebuah kelompok militan islam dan melakukan 6 pembunuhan di Belgia telah di penjara seumur hidup di Maroko.

Abdelkader Belliraj juga di hukum oleh pengadilan dalam perdagangan senjata gelap dan mengancam keaamanan negara.

Belliraj merupakan salah seorang dari 30 orang  yang di tangkap pada February 2008, termasuk 6 orang Politisi Islam.

Selama persidangan pengacaranya berpendapat dia melakukan kunjungan ke  kelompok militan untuk Dinas Inteljen Belgia.

Tetapi Mohammad Ziane menerima bahwa kliennya telah di temukan dengan senjata yang awalnya di kirim untuk kelompok islam di Algeria, dan ini yang kemudian membuatnya di deportasi ke Maroko.

"Kami tidak bisa menentang keputusan  pengadilan tetapi itu hanya langkah awal dalam persidangan ini dan kami masih punya kesempatan untuk banding," kata Ziane setelah putusan pada Senin.

Apa yang kami harapkan bahwa pengadilan akan lebih adil, sehingga kondisi mereka di pertimbangkan, dasar keputusan yang kongkret dan bukti yang nyata, dia menambahkan.

Belliraj berulang kali mengatakan di pengadilan: "saya tidak pernah membawa senjata ke Maroko dan menolak melakukan apapun yang mencoba untuk menjatuhkan rejim.

Jaksa negara pada awalnya mencoba menuntut hukuman mati kepada Belliraj.

Kasus ini membuat pemerintah Maroko di kecam oleh beberapa partai politik dan kelompok hak asasi manusia yang muncul untuk membela politisi yang di tangkap.(bbc)


latestnews

View Full Version