View Full Version
Kamis, 30 Jul 2009

Tentara Italia Akan Bertahan di Afghanistan

Roma - 3,250 tentara Italia akan terus berada di Afghanistan, kata perdana menteri Italia Silvio Berlusconi hara Selasa. "Tidak ada pergantian kebijakan", kata dia kepada para jurnalis di Roma. Ucapannya untuk menegaskan pernyataan sebelumnya dari menteri pertahanan Ignazio La Russa dan menteri Luar Negeri Franco Frattini.

Hari Senin lalu, La Russa dan Frattini menolak panggilan menteri negara dan politisi dari Liga Utara Roberto Calderoli untuk menarik pasukan Italia dari Afghanistan.

"Di Afghanistan, kami bekerja untuk keamanan Italia termasuk Calderolli... maka kami akan bertahan", kata Frattini di Brusel dalam acara pertemuan dengan para menteri luar negeri Uni Eropa.

"Kami tidak bisa menghentikan misi kami di Afghanistan. Apa yang dilakukan anak-anak Italia disana sangat krusial", kata La Russa.

Pemimpin Liga Utara, Umberto Bossi juga mendesak penarikan mundur tentara Italia di Afghanistan setelah melihat kerugian yang dialami tentara Italia akhir-akhir ini di Afghanistan.

Bom pinggir jalan awal bulan ini menewaskan salah satu tentara Italia bernama Alesandro Di Lisio, tentara berumur 25 tahun tersebut tewas saat sedang berpatroli di barat Afghanistan propinsi Farah, tiga tentara lain juga terluka akibat ledakan tersebut. Dua serangan di Afghanistan pekan ini juga melukai tiga tentara Italia lainnya.

Hingga kini, sudah 12 tentara Italia yang tewas di Afghanistan sejak tahun 2004.

[zq/voa-islam/adn]


latestnews

View Full Version