View Full Version
Senin, 03 Aug 2009

Seorang Lelaki Budha di Tembak di Thailand Selatan

Pejuang Muslim Pattani di tuduh manembak dan membunuh seorang laki-laki Budha di Thailand Selatan, di mana perjuangan mereka tersebut menyebabkan ribuan orang tewas dalam lima tahun terakhir, kata seorang juru bicara militer.

Dua penyerang dengan menggunakan sepeda motor menembak dan membunuh seorang petugas keamanan yang akan pulang ke rumah setelah jaga malam di sebuah pabrik pengolahan karet di Provinsi Pattani, kata juru bicara Kolonel Parinya Chaidilok.

Lebih dari 3700 orang baik Muslim maupun Budha telah terbunuh di tiga wilayah Provinsi Thailand Selatan sejak perjuangan untuk kemerdekaan Pattani kembali meletus pada January 2004.

Militan menargetkan orang-orang yang mereka percaya bekerja sama dengan pemerintah termasuk diantaranya tentara, polisi dan mata-mata sipil.

Mereka tidak membuat pernyataan publik secara langsung, melainkan terus berfikir untuk memperjuangkan sebuah negara merdeka di daerah yang penduduknya muslim dalam negara yang mayoritas penduduknya adalah umat Budha.


Sementara beberapa orang muslim menuduh tentara pemerintah melakukan pembunuhan di luar jalur hukum, pemerintah Thailand mengklaim pejuang muslim membunuh penduduk dari kedua kelompok untuk mengobarkan konflik secara umum.


Kejadian paling maut dalam beberapa bulan terakhir adalah pembunuhan 10 orang muslim di sebuah masjid di Narathiwat pada 8 juni 2009 lalu.(aa/tjp)

Gambar: www.asianews.it


latestnews

View Full Version