View Full Version
Sabtu, 17 Oct 2009

Lagi, Penjara Bagi Pembantai Muslim Sebrenica

Bosnia Herzegovina - Pengadilan Bosnia Herzegovina telah menghukum mantan pejabat militer Serbia-Bosnia 30 tahun penjara atas keterlibatannya dalam pembantaian Sebrenica pada tahun 1995.

Milorad Trbic telah ikut ambil bagian dalam rencana untuk menangkap, menahan, mengeksekusi dan mengubur semua laki-laki Muslim di kota tersebut dengan "niat genosida,"

Secara keseluruhan, sebanyak 8000 pria dewasa dan anak-anak telah dibunuh oleh tentara Serbia pada akhir 3 tahun perang di Bosnia.

Pengadilan juga telah memenjarakan beberapa orang lainnya karena keterlibatan mereka dalam pembantaian tersebut.

Pada Juli 2008, tujuh orang Serbia-Bosnia di hukum karena genosida dan dipenjara hingga 42 tahun.

Mantan pemimpin Serbia-Bosnia, Radovan Karadzic, akan di menjalani persidangan pada 26 Oktober di Den Haag dengan 11 dakwaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk di Sebrenica

Mantan pemimpin Serbia-Bosnia, Radovan Karadzic, akan di menjalani persidangan pada 26 Oktober di Den Haag dengan 11 dakwaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk di Sebrenica.

Srebrenica
Kantong muslim di wilayah yang dikuasai Serbia
PBB menyatakan "daerah aman" pada April 1993
Pasukan Serbia Bosnia menyerbu wilayah tersebut pada tahun 1995
23.000 perempuan dan anak-anak dideportasi
8.000 pria dan anak laki-laki muslim tewas di bunuh

Dalam keputusannya pada hari  Jum'at, pengadilan menyatakan Trbic bersalah atas perbuatan genosida karena peranannya dalam upaya kriminal bersama antara 12 Juli dan 30 November 1995 atas rencana membunuh pria-pria Muslim Bosnia di wilayah yang menjadi tanggung jawab militer Serbia-Bosnia Brigade Zvornik.

"Pengadilan menyatakan bahwa tertuduh melakukan perbuatan ini dengan niat genosida," kata hakim dan menambahkan bahwa Trbic secara personal terlibat dalam operasi pemilihan, penahan dan eksekusi tempat dimana korban di bawa.

"Pada 16 dan 17 Juli 1995, Milorad trbic merupakan Pejabat Tugas operasional dari Brigade Zvornic dan aksinya selama periode itu secara signifikan berkontribusi terhadap pelaksanaan rencana umum"

pria Muslim Bosnia dari Sebrenica di tahan di Kula School, Branjevo Military Farm dan Pilica Dom, dan di eksekusi di Branjevo Military Farm dan pilica dom sebelum di makamkan pada kuburan masal tanpa nama

Selama masa itu, pria Muslim Bosnia dari Sebrenica di tahan di Kula School, Branjevo Military Farm dan Pilica Dom, dan di eksekusi di Branjevo Military Farm dan pilica dom sebelum di makamkan pada kuburan masal tanpa nama," kata pengadilan.

Pada September, ia juga terlibat dalam penggalian ulang jenazah korban dan mengubur kembali mereka di pemakaman umum lain untuk menutupi kejahatannya, tambah pengadilan.

Namun, Trbic di bebaskan dari tuduhan kejahatan perang yang berkaitan dengan wilayah tanggung jawab Brigade Bratunac sebab kekurangan bukti.

Trbic awalnya didakwa oleh Pengadilan Kriminal Internasional untuk mantan pejabat Yugoslavia di Den Haag, kasusnya di pindahkan ke pengadilan Bosnia Herzegovina pada tahun 2007. (aa/bbc)


latestnews

View Full Version