View Full Version
Senin, 16 Nov 2009

Menhan Amerika Larang Publikasi Foto Penyiksaan

Menteri pertahanan Amerika Robert Gates melarang peredaran foto-foto baru yang menunjukkan penyiksaan terhadap para tahanan di penjara Irak dan Afghanistan yang dilakukan tentara sadis Amerika.

Dalam sejumlah foto yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya tersebut, nampak sejumlah tentara AS menodongkan pistol terhadap tawanan  yang tengah ditutup kepalanya dan dengan tangan terborgol.

Dalam foto yang lain terdapat seorang tentara AS yang tengah memegang sapu dengan ujung yang dimasukkan ke anus seorang tahanan.

Gates beralasan bahwa pemuatan foto-foto mengerikan tersebut akan berdampak buruk pada masyaraka Amerika, para tentara dan keluarganya.

The American Civil Liberties Union (ACLU) telah meminta untuk merilis 21 foto dengan dasar undang-undang kebebasan informasi.

Pemerintah Obama menurut pengadilan federal pada Jumat lalu mencoba mengintervensi pengadilan dengan dengan keterlibatan Gates tersebut.

Pengadilan Federal telah menolak argumen pemerintah untuk melarang pemuatan foto-foto tersebut, yang kemudian memberikan kesempatan pada konggres untuk memberikan kekuatan baru kepada Gates dibawah peraturan baru yang telah ditandatangani Obama bulan lalu.

Lebih lanjut menurut jubir Pentagon, pemuatan foto-foto baru tersebut akan berpengaruh terhadap operasi militer yang dilakukan agresor AS di Irak dan Afghanistan.

[voa-islam/ptv]


latestnews

View Full Version