View Full Version
Rabu, 18 Nov 2009

Saudi Umumkan 'Iedul Adha Jatuh Tanggal 27 November

RIYADH - Pemerintah Arab Saudi  pada hari Selasa, 17 November, mengumumkan bahwa `Iedul Adha, salah satu dari dua hari raya keagamaan terbesar dalam kalender Islam, akan jatuh pada hari Jumat, 27 November 2009.

"Hilal Zulhijah dilihat oleh para saksi yang dapat di percaya pada hari Selasa di sejumlah provinsi," Dewan Fatwa Tertinggi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita negara, Saudi Press Agency.

"Jadi, hari Rabu, 18 November akan menandai permulaan dari bulan Dzul Hijjah."

Ini berarti jamaah Haji akan mendaki Gunung `Arafah, di mana Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam menyampaikan khotbah terakhirnya 14 abad yang lalu, pada hari Kamis, November 26.


Berdiri di Gunung `Arafah sebelum matahari terbenam menandai puncak dari ibadah haji dan jamaah yang gagal untuk melakukan itu tepat waktu harus mengulangi haji mereka di masa depan.

Setiap orang dewasa Muslim yang berbadan sehat  - yang mampu membiayai perjalanan secara finansilal, kalendernsial - wajib melaksanakan haji, salah satu dari lima rukun Islam, sekali dalam seumur hidup mereka.

Muslim di seluruh dunia akan merayakan `Eid Al-Adha, yang menandai akhir haji, pada hari Jumat, 27 November. (aa/IOL)


latestnews

View Full Version