View Full Version
Rabu, 18 Nov 2009

2 Kebahagiaan Jamaah Haji Asal Brazil

Saudi (voa-islam) - Kerinduan mengunjungi tanah suci, Thawaf di Baitullah, mengucapkan salam pada Nabi Muhammad, mendapat ampunan Allah, dan rindu kepada negeri kelahiran serta berjumpa sanak kerabat yang lama tak bersua membaur jadi satu dalam sanubari Jamaah haji asal Brazil.

Jamaah Haji asal Brazil rata-rata keturunan Arab. Maka dalam perjalanan ini, mereka mendapatkan 2 kebahagiaan. Pertama, bisa melaksanakan rukun Islam ke lima. Kedua, bisa mengunjungi negeri asal mereka.

"Kami yang hidup jauh dari negeri kelahiran berharap sekali bisa melakukan interaksi langsung dengannya, walau sebentar saja, di tengah-tengah pelaksanaan ibadah haji tahun ini." Ujar Yasir Hasan Suriy, Direktur Biro perjalanan Haji Hamlah Ubaduarrahman Lilhajji Wal'umrah Brazil.

Yasir menjelaskan jamaah Haji asal Brazil rata-rata keturuan Arab. Maka dalam kesempatan perjalanan Haji kali ini, mereka berusaha memanfaatkannya dengan mengunjungi negeri asal mereka.

Yasir juga menuturkan bahwa rombongan haji Brazil mayoritas berasal dari Libanon. "Karenanya kami membuat program untuk tahun ini, dan untuk pertama kalinya di tengah-tengah perjalanan haji kami, kunjungan ke Libanon dan menginap di sana selama satu hari sesudah selesainya pelaksanaan ibadah haji." Ujarnya.

Menurut penjelasan Yasir, bagi jama'ah keturunan Libanon, program ini memberi kesempatan mereka untuk mengunjungi sanak kerabatnya. Sedangkan yang keturunan Negara Timur Tengah lainnya sudah disiapkan program lain untuk mengenal Negara Libanon.

Untuk program perjalanan ini, Jamaah cukup mengeluarkan biaya $. 4300 Dolar AS. (PurWD/iol)



latestnews

View Full Version