View Full Version
Kamis, 19 Nov 2009

Eropa Membutuhkan Makanan Halal

Ditengah-tengah permintaan dari kalangan umat Islam dan non-Islam yang sama banyaknya terhadap makanan halal, membuat makanan menjadi pilihan utama di Eropa dengan saat ini lebih banyak jaringan supermarket yang menawarkan makanan yang berstandar syari'ah.

"Kami sedang memulai melihat makanan seperti ini tidak hanya untuk toko-toko tertentu tetapi juga mulai memberikannya pada penjual retail yang besar," ujar Frits Van Dijk, wakil presiden eksekutif Nestle, salah satu perusahaan makanan terbesar dunia kepada reuters.

Menurut Van Dijk bahwa supermarket terkenal Inggris Tesco dan Prancis Carrefour juga telah menawarkan produk makanan halal dalam outlet mereka.
Dia menambahkan bahwa Nestle telah mulai menjual daging dan makanan beku halal di Prancis.

Susu bubuk, peralatan masak, bumbu dapur dan saus adalah diantara produk halal yang sangat populer di Eropa saat ini.

Van Dijk yang tengah menghadiri Forum Halal Dunia di Den Hague 17-18 November berharap bahwa bisnis produk makanan halal akan tumbuh 20 hingga 25 % dalam satu dekade ke depan.

Lebih lanjut dengan populasi umat Islam mencapai 25% penduduk dunia, merupakan pasar yang sangat besar bagi perusahaan-perusahaan kelas dunia untuk menawarkan produknya yang berstandar halal.

Total nilai pasar makanan halal di Eropa saat ini mencapai 66 miliar dollar, termasuk pasar ikan, makanan segar, dan makanan kemasan, sementara di pasar global nilainya mencapai 634 miliar dollar.

[voa-islam/iol]


latestnews

View Full Version