View Full Version
Senin, 30 Nov 2009

Inggris Mundur dari Helmand, Afghanistan

 

 

Kontingen tentara Inggris akan mulai ditarik mundur dari Afghanistan awal tahun depan, kata Gordon Brown, Ahad (30/11/2009).

Brown mengatakan sebagian provinsi Helmand, salah satu wilayah dengan pertempuran terpanas dengan Taliban, akan dikembalikan kontrolnya kepada tentara Afghan setelah 12 bulan, sambil menarik mundur beberapa tentara Inggris pulang ke rumah.

Perdana Menteri tersebut mengatakan ia akan menjelaskan detil pernyataan penarikan pasukan Inggris dari kecamuk perang di Afghanistan dalam konperensi internasional di London bulan Januari tahun depan.

"Saya percaya ini dapat dimulai tahun depan pada beberapa distrik, termasuk satu atau dua distrik di provinsi Helmand sendiri", kata Brown saat ia berada dalam pertemuan pemimpin-pemimpin Commonwealth di Port of Spain, Trinidad. "Kami perlu memindahkan pasukan-pasukan kami paling tidak di lima provinsi di Afghanistan hingga akhir 2010".

Namun selain mengumumkan pengumuman mundur tentaranya di Afghanistan tahun depan, Gordon Brown juga mengumumkan akan ada 500 tentara tambahan yang akan dikirimkan Senin atau Selasa ini.

Bagaimanapun, sebelum penyerahan kepada tentara Afghan dimulai, sebelumnya akan dilangsungkan operasi besar oleh pasukan barat, dengan presiden Barrack Obama yang akan menambahkan lagi 35,000 tentara Amerika ekstra pada pekan ini. [voa-islam/timesonline]


latestnews

View Full Version