View Full Version
Kamis, 03 Dec 2009

Lima Ribu Tentara NATO Ditambahkan ke Afghanistan

Meski sudah ada hampir 110.000 tentara agresor Amerika dan NATO yang ditempatkan di Afghanistan, kekuatan Taliban masih begitu dominan di sejumlah daerah.

Sekretaris Jendral NATO  Anders Fogh Rasmussen mengatakan bahwa kelompok pakta pertahanan negara tersebut akan mengirimkan 5.000 tentara tambahan ke Afghanistan.

Lebih lanjut menurut pimpinan NATO tersebut bahwa jumlah pasti kontribusi tiap anggota akan diumumkan setelah pertemuan tingkat tinggi tentang Afghanistan yang akan digelar di London pada 28 Januari.

Berbicara kepada para reporter di Brussels, Belgia, Andres menyatakan negara-negara NATO telah siap untuk mendukung strategy baru Barack Obama dalam menginvasi Afghanistan, Rabu 2 November.

"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa negara-negara anggota dan partner akan melakukan lebih. Di tahun 2010, anggota non AS dalam misi ini akan mengirimkan paling tidak 5.000 tentara tambahan untuk operasi ini dan kemungkinan beberapa ribu lagi selanjutnya," katanya.

Sebelumnya pada hari Selasa, Barack Obama mengumumkan bahwa pihaknya akan mengirimkan 30.000 serdadu tambahan untuk mengatasi perlawanan kuat dari mujahidin Afghanistan.

[voa-islam/ptv]


latestnews

View Full Version