View Full Version
Senin, 28 Dec 2009

Milisi Syiah Ditembak Mati di Kirkuk

Kirkuk - Seorang anggota milisi Sahwa ditembak mati hari Ahad kemarin, kata polisi lokal.

"Pada hari Ahad, seorang pria bersenjata menembaki seorang anggota milisi Sahwa di rumahnya di desa al-Rubaida al-Kabeera, distrik al-Rashad (35 km baratdaya Kirkuk), ia tewas di tempat", kata Brigadir Sahad Qadir kepada Aswat al-Iraq.

Mayatnya kemudian dibawa ke kamar mayat di Rumah Sakit Azadi Kirkuk. Sehari sebelumnya, empat warga sipil tewas dan 18 orang lain terluka saat sebuah bom meledak dalam sebuah acara ritual orang Syiah di tengah kota distrik Touz Khormato (80 km selatan Kirkuk).

Milisi Sahwa adalah milisi Syiah bentukan pemerintah yang ditujukan untuk menghadapi pejuang Al Qaeda Irak, milisi Syiah ini bekerja sama dengan Tentara Multi Nasional (MNF) dan pemerintah Irak.

Milisi ini dipimpin oleh kepala suku tiap daerah, mereka telah membantu pemerintah di beberapa propinsi seperti Anbar, Diala, Ninewa dan Salah al-Din.

Kirkuk adalah kota kaya minyak, penduduk di kota ini campuran dari beberapa etnis, seperti Kurdi, Turki, Kristen dan Arab. Kirkuk terletak di 250 km timurlaut ibukota Irak, Baghdad.

[voa-islam/aswataliraq]


latestnews

View Full Version