View Full Version
Senin, 04 Jan 2010

Takut Hadapi Al-Qaeda, Inggris dan Amerika Tutup Kedubesnya di Yaman

LONDON (voa-islam.com) -  Meningkatnya ancaman serangan terhadap kepentingan Barat di Yaman membuat Kedutaan Besar (kedubes) Inggris di Yaman ditutup karena alasan keamanan, kata Kementerian Luar Negeri Inggris, Ahad, menyusul Amerika Serikat yang juga menutup kedubesnya sebagai tanggapan ancaman dari Al Qaeda.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris merujuk pada "alasan keamanan" bagi penutupan kedubes tersebut, tanpa menjelaskan lebih rinci.

Kedubes AS pada Ahad menginstruksikan para pekerja warga Yaman untuk tetap bekerja hingga ada perintah lebih lanjut, kata pejabat kedutaan AS dan beberapa diplomat asing.

Para pejabat AS pekan ini mengatakan AS sedang mencari jalan untuk memperluas kerja sama militer dan intelijen dengan pemerintah Yaman guna meningkatkan tekanan terhadap kelompok Al Qaeda di Jazirah Arab itu.

Seorang warga Nigeria, yang berusaha dan gagal meledakkan bom di sebuah pesawat AS yang membawa 300 orang pada hari Natal, diperkirakan mendapat pelatihan dari kelompok Al Qaeda di Yaman.

Al Qaeda mengatakan pemboman yang diusahakan itu adalah untuk membalas keterlibatan AS di Yaman dan dukungan militernya pada pemerintah Yaman, yang telah melancarkan serangan terhadap kelompok tersebut di Yaman. [zak/ant]


latestnews

View Full Version