View Full Version
Rabu, 20 Jan 2010

Pemimpin Muslim Azerbaijan: Gorbachev Harus Diadili !

Azerbaijan (voa-islam.com): Salah satu pemimpin Muslim Azerbaijan, Pashazadeh Allahshukur Pashazade mengatakan bahwa para pelaku tragedi 20 Januari harus dibawa ke Pengadilan Den Haag.

"Kami akan membuat sebuah komite untuk menyelidiki peristiwa 20 Januari, dan komite ini harus memastikan bahwa para pelaku tragedi yang dipimpin oleh Mikhail Gorbachev harus dibawa ke pengadilan internasional", kata Ketua Muslim Kaukasus Pashazadeh Allahshukur Pashazade pada hari Senin disebuah konferensi peringatan 20 tahun tragedi 20 Januari yang diselenggarakan oleh CMD.

Azerbaijan memiliki hak untuk mengadili para pelaku dan peserta dalam tragedi yang dilakukan Gorbachev dan antek-anteknya

Pada malam 19-20 Januari 1990, tentara Soviet tanpa keadaan darurat memulai operasi militer terhadap Azerbaijan. Akibat dari tragedi ini 132 orang tewas, 744 orang luka berat dan empat orang dinyatakan hilang, 400 orang ditangkap. Pada 20 Januari, setelah dinyatakan keadaan darurat, 21 orang kembali terbunuh. Di negara bagian lain (Neftchala, Lankaran) 26 orang tewas. Kemudian, tiap 20 Januari diperingati setiap tahun sebagai Hari Berkabung Nasional.

Konferensi yang diselenggarakan oleh CMD ini diikuti oleh para pemimpin agama, anggota parlemen dan kepala pengakuan agama di Azerbaijan.

Kantor Perkumpulan Muslim Kaukasia telah meminta bantuan kepada Milli Majlis (Parlemen) Azerbaijan untuk mentrasfer kasus tragedi pada 20 Januari ke pengadilan internasional Den Haag.

"Azerbaijan memiliki hak untuk mengadili para pelaku dan peserta dalam tragedi yang dilakukan Gorbachev dan antek-anteknya", menurut laporan TrendNews.

[voa-islam/cno]


latestnews

View Full Version