View Full Version
Selasa, 09 Mar 2010

Amerika Siapkan Operasi Militer di Somalia

SOMALIA (voa-islam.com) - Amerika Serikat berpartisipasi dalam persiapan operasi militer di Somalia, yang merupakan operasi pendahuluan untuk serangan Mashtabnomu terhadap organisasi Mujahidin Al-Shabbab.

Amerika Serikat menyediakan dukungan militer kepada Pemerintah resmi Somalian untuk membantu membangun kontrol atas ibukota Mogadishu. Militer AS juga melakukan kegiatan intelijen di ibukota yang dikendalikan oleh Al-Shabbab tersebut, melatih staf agen keamanan Somalia dan memberikan dukungan transportasi. Sebuah serangan besar ini direncanakan untuk dimulai dalam beberapa minggu, laporan PressTv.

"Amerika Serikat akan membantu kita",  kata komandan tentara Somalia, Jenderal Mohamed Gelle Kahie mengakui. Sementara itu seorang pejabat AS yang minta namanya dirahasiakan mengatakan bahwa CIA akan ikut ambil bagian dalam penyerangan terhadap Mujahidin.

..seorang pejabat AS yang minta namanya dirahasiakan mengatakan bahwa CIA akan ikut ambil bagian dalam penyerangan terhadap Mujahidin..

"Itu mungkin berupa serangan udara dan operasi khusus", katanya.

Sebelumnya pada tahun 2006 CIA telah berusaha untuk menyatukan sebuah aliansi dengan pemimpin suku Somalia untuk menggulingkan Pemerintah Uni Pengadilan Islam, tetapi mereka tidak berhasil dalam upaya ini. Setelah suku-suku Somalia menolak untuk berbicara menentang pemerintah Uni Pengadilan Islam, Amerika kemusian memasukkan pasukan Ethiopia di Somalia.

Musim panas 2009, pemerintah Amerika Serikat telah mengirimkan senjata bernilai jutaan dolar untuk menyelamatkan pemerintahan boneka di Somalia.

Selain itu, operasi yang disebut sebagai operasi penjaga perdamaian tersebut juga melibatkan tentara bayaran Amerika.

Menurut militer Amerika, mereka akan mempersiapkan 6 sampai 10 ribu tentara Somalia dalam operasi untuk menghadapi  sekitar 5 ribu mujahidin Al-Shabbab disana. (aa/cnobbi)


latestnews

View Full Version