View Full Version
Rabu, 10 Mar 2010

Polisi Tangkap Dua Anggota Kunci RKK

Thailand Selatan - (Voa-Islam.com) - Kepolisian Thailand telah menangkap dua tersangka anggota kunci dari kelompok pejuang Muslim terbesar di provinsi perbatasan selatan yang bergejolak.

Lukman Dolo, 26, ditangkap pada hari Sabtu ketika mengendarai sepeda motor di distrik Sai Brui Pattani. Ia diyakini sebagai anggota kunci dari kelompok pejuang Muslim Runda Kumpulan Kecil (RKK).

Polisi telah mengeluarkan 10 surat perintah penangkapan terhadap Lukman dengan tuduhan dugaan keterlibatannya atas beberapa serangan kekerasan di Patani dan Narathiwat sejak 2004-2009.

Ia diduga terlibat dalam serangan bersenjata terhadap sebuah mobil polisi di distrik Sai Buri pada 23 November 2004, menembak seorang tentara di distrik Bacho Narathiwat pada 2 Agustus 2007, dan penembakan dua warga desa di distrik Sai Buri dan membakar pembakaran sebuah pada 25 Oktober 2007.

Ia juga diduga berada di balik serangan bersenjata terhadap seorang kolonel militer pada 25 Januari 2008, serangan terhadap seorang mata-mata pihak keamanan pada 16 Okt 2008, dan pemboman terhadap patroli keamanan pada 10 September. Semua insiden tersebut terjadi di distrik Sai Buri.

..Polisi telah mengeluarkan 10 surat perintah penangkapan terhadap Lukman dengan tuduhan dugaan keterlibatannya atas beberapa serangan kekerasan..

Polisi juga menuduh Lukman Dolo sebagai otak pembunuhan dari beberapa serangan lain, namun hal itu dibantahnya dalam jumpa pers yang dilakukan kemarin (08/03).

Tersangka kedua diidentifikasi sebagai Mazuwan Mali, 18, anggota RKK lain.

Mazuwan Mali dicari karena diduga mendukung gerakan perlawanan dengan menyediakan personil, senjata dan uang. Ia juga diyakini oleh polisi telah telah menjalani pelatihan militer atau merencanakan serangan terhadap pasukan keamanan Thailand.

Sementara itu, polisi mengatakan bahwa empat senjata api termasuk senapan M16 yang dirampas dari Batalyon Pembangunan ke-4 di di distrik Cho Airong Narathiwat pada 4 Januari 2004, telah diambil kembali dalam sebuah serangan di distrik Mai Kaen Patani.

Dalam insiden lain, dua orang tentara Thailand terluka dalam sebuah serangan bom di jembatan yang menghubungkan desa Moo1 dan Moo2 di Tambon Muang distrik Mae Lan Patani yang terjadi pagi hari tadi, Rabu (10/03). Polisi kembali menyalahkan pejuang Muslim Patani atas kejadian ini. (aa/bp)


latestnews

View Full Version