View Full Version
Senin, 17 May 2010

Pelukis Karikatur Nabi Muhammad Diserang Bom Molotov

STOCKHOLM (voa-islam): Polisi Swedia pada Minggu lalu 16/05/2010 telah menangkap seseorang yang diduga terkait dengan pembakaran rumah pelukis Lars Felix yang membuat lukisan karikatur Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Polisi mengatakan mereka menangkap seorang warga Swedia keturunan Kosovo usia 21 tahun di kota Andskrona Selatan baru-baru ini pada hari Sabtu di rumahnya sekitar 40 km dari rumah Felix.

Seorang juru bicara polisi menjelaskan bahwa orang itu ditangkap setelah ditemukan benda-benda miliknya tidak jauh dari rumah Felix didesa NIhamnslaig. Rumah itu sedikit rusak oleh api.

Sampai saat ini nama tersangka belum diungkap, namun polisi mengatakan dia "masih ditahan dan jaksa diharapkan dapat memutuskan apakah akan dituntut atau tidak".

Bagian depan rumah mengalami kerusakan sedikit ketika rumah tersebut dilempari botol molotov yang menyebabkan terbakarnya salah satu tirai rumah, karena rumah sedang kosong pada saat kebakaran, yang dengan sendirinya padam.

Serangan itu adalah yang kedua selama seminggu yang dialami Felix, yang pada tahun 2007 membuat lukisan kartun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dalam bentuk yang menghina, yang memicu banyak ancaman terhadap dirinya.

Felix melaporkan kepada surat kabar karena "bahaya yang besar dan nyata": Saya tidak dapat tinggal di rumah ini.

Felix awal pekan ini mengalami sebuah serangan selama memberikan kuliah umum di Universitas Uppsala,dimana seorang lelaki dari barisan pertama selama kuliah disampaikan maju dan memukul kepalanya.

Disebutkan bahwa kelompok militan Irak yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida pada bulan Agustus tahun lalu menjanjikan hadiah 100 ribu dolar bagi siapa saja yang membunuh Felix setelah diterbitkan lukisan-lukisannya yang menghina dalam sebuah koran lokal.

(ar/alarabiya)


latestnews

View Full Version