View Full Version
Rabu, 09 Jun 2010

Bank Pertama Khusus Untuk Wanita Dibuka di Iran

Teheran (ANTARA News) - Iran telah membuka cabang bank khusus wanita di timur laut kota religius Masyhad dalam upaya untuk mempromosikan budaya Islam, surat kabar melaporkan pada Selasa.

Cabang Bank Melli milik negara mulai beroperasi pada Senin di Masyhad dengan semua stafnya adalah wanita, termasuk juga penjaga keamanan, kata harian Tehran Emrouz.

"Hal ini bertujuan untuk mempromosikan budaya kesucian dan meningkatkan keamanan untuk partisipasi perempuan muslim Iran di masyarakat," kata kepala Bank Melli Mahmoud Reza Khavari seperti dikutip.

Banyak di antara otoritas garis keras Iran dan ulama mendukung pemisahan jenis kelamin dan menemukan bahwa percampuran pria dan wanita yang tidak memiliki hubungan keluarga akan merusak, meskipun perempuan diminta untuk menggunakan pakaian Islami di depan umum.

Beberapa kelas universitas di Iran terpisah antara laki-laki dan perempuan dan para wanita berada di bagian belakang pada bus umum meskipun mereka berdesakan dengan pria di taksi bersama.

Dalam beberapa tahun terakhir beberapa taman khusus untuk wanita telah dibuka di Iran dan ada juga perusahaan-perusahaan taksi yang mempekerjakan pegawainya hanya perempuan.

Langkah-langkah tersebut telah dipenuhi dengan reaksi beragam di antara warga Iran dengan beberapa dukungan keluarga tradisional agama sementara beberapa lainnya mempertanyakan apakah pemisahan tersebut dapat mengatasi penyakit sosial.
(antara)


latestnews

View Full Version