View Full Version
Kamis, 24 Jun 2010

Pejuang Kashmir Tewaskan Komandan Pasukan Elit India

Srinagar (Voa-Islam.com) - Seorang komandan Angkatan Darat India, dari pasukan elit anti pemberontakan - Rashtriya Rifles (RR), Kolonel Neeraj Sood, telah tewas dalam kontak senjata dengan pejuang Islam di wilayah Kashmir bagian India, kata militer Rabu.

"Kami telah kehilangan kolonel Neeraj Sood selama kontak senjata sengit semalam (22/06) dengan militan di distrik Kupwara utara," kata juru bicara militer India Letnan Kolonel Vineet Sood kepada AFP.

Dia mengatakan pertempuran meletus ketika tentara melancarkan operasi di wilayah hutan dari Lolab, dekat perbatasan de-facto yang membagi Kashmir antara India dan Pakistan.

"Operasi tersebut masih terjadi," katanya, menambahkan bahwa bala bantuan telah bergegas ke daerah itu.

Pertempuran itu terjadi ketika para pejabat kementerian luar negeri dari India dan Pakistan akan bertemu di Islamabad pada hari Kamis dengan harapan untuk menghidupkan kembali proses perdamaian mereka yang mogok  setelah hubungan yang mencair baru-baru ini.

Lebih dari 47.000 orang telah tewas, menurut penghitungan resmi, sejak perjuang umat Islam Kashmir untuk memisahkan dari kekuasaan India yang meletus pada tahun 1989.

Kekerasan menurun setelah India dan Pakistan meluncurkan proses perdamaian pada 2004 tetapi serangan pejuang Muslim telah kembali meningkat sejak awal tahun ini. (AFP)


latestnews

View Full Version