View Full Version
Kamis, 23 Sep 2010

Calon Kendaraan Baru Militer Amerika di Medan Tempur

KANDAHAR (voa-islam.com): Pasukan Amerika semakin ketakutan dengan bom pinggir jalan (IED) Taliban yang terus mengenai bukan hanya patroli kendaraan tapi juga patroli jalan kaki mereka. Untuk itu mereka ditawarkan sebuah kendaraan baru yang menggabungkan antara tank kecil, Segway dan skateboard.

Kendaraan yang berbentuk aneh ini disebut-sebut sebagai kendaraan terbaru untuk tentara Amerika di medan perang.

Dibuat oleh perusahaan teknologi BOG Werks Kanada, kendaraan yang dinamakan DTV Shredder ini diperlihatkan sebagai "platfor modul pertama untuk kendaraan militer" dalam sebuah acara konferensi di Detroit bulan lalu.

Tapi tidak jelas apakah perwakilan dari militer Amerika yang hadir di acara itu cukup terkesan untuk membeli kendaraan itu.

Menurut pabrikannya, DTV dapat disesuaikan dan konfigurasinya dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan saat akan digunakan. Bisa juga dilengkapi dengan senapan mesin dan senjata lainnya untuk mengubahnya menjadi sebuah kendaraan serangan.

Kendaraan ini bahkan dapat dioperasikan dari jarak jauh, memungkinkan untuk dikirim pada misi pengintaian dimana jika misi itu dianggap terlalu berbahaya bagi tentara, maka kendaraan ini bisa digunakan dengan remote.

Didukung dengan mesin Honda 200cc yang bisa menghasilkan 15 tenaga kuda dan mampu berjalan lebih dari 30mph. Mampu untuk melakukan perjalanan di lereng dengan kemiringan 40 derajat. Juga mampu menarik beban seberat 1200lb termasuk penunggangnya.

Kendaraan ini dikembangkan oleh Ben Gulak, mahasiswa MIT, yang paling terkenal atas penemuan sepeda motor Uno, kendaraan yang mempunyai dua roda yang berdampingan itu.

Pertanyaannya mampukan kendaraan ini nantinya menghadapi ledakan bom yang ditanam para pejuang Toliban di Afghanistan? (za/DT)


latestnews

View Full Version