View Full Version
Sabtu, 25 Sep 2010

Pakistan Ingin Lady Al-Qaida Dipulangkan

Karachi (Voa-Islam.com) - Perdana menteri Pakistan pada hari Jum'at (24/09) menyebut seorang ilmuwan wanita yang dihukum dengan tuduhan mencoba membunuh para penyidiknya di Afghanistan sebagai "putri bangsa" dan bersumpah untuk mengkampanyekan pembebasannya dari penjara Amerika.

komentar Yousuf Raza Gilani tampaknya sebagai upaya untuk meredam kemarahan publik atas hukuman 86 tahun dijatuhkan kepada Aafia Siddiqui. Penderitaan dari Aafia Siddiqui telah menyerang perasaan diantara kelompok-kelompok agama dan warga Pakistan biasa, yang banyak dari mereka yakin bahwa dia tidak bersalah.

Aafia Siddiqui dihukum Kamis (23/09) di sebuah pengadilan New York. Hukuman itu mendorong demonstrasi di setidaknya dua kota, dengan banyak kemarahan diarahkan pada pemerintah Pakistan yang sudah tidak populer karena gagal entah bagaimana campur tangan dalam kasusnya.

Pihak berwenang Pakistan Jumat (24/09) yang bersiap untuk protes lebih lanjut.

Gilani mengatakan ia baru-baru ini melobi pejabat AS untuk pembebasan Siddiqui demi "meningkatkan citra AS di Pakistan."

"Kita semua bersatu, dan kami ingin putri bangsa untuk kembali ke Pakistan," katanya kepada parlemen, yang secara bulat mengadopsi resolusi menuntut pemulangan kembali Aafia Siddiqui."

.Penderitaan dari seorang ibu warga Amerika yang melatih para ilmuwan Pakistan itu telah menyerang perasaan diantara kelompok agama dan warga Pakistan biasa, yang banyak dari mereka yakin bahwa dia tidak bersalah..

"Saya berjuang untuk dia, pengacara saya berjuang untuk dirinya dan sekarang aku akan mengambil hal ini pada tingkat politik,''katanya.

Aafia Siddiqui, 38, ditangkap di Afghanistan pada tahun 2008. Dia dinyatakan bersalah karena merebut senjata dari salah satu penculiknya dan mencoba untuk menembak pihak berwenang AS yang sedang menginterogasinya di sana.

Menteri Dalam Negeri Rehman Malik mengatakan, pemerintah Pakistan akan mengajukan permohonan kepada pemerintah AS untuk meninjau hukuman atas "dasar kemanusiaan" dan meminta Siddiqui diserahkan ke Pakistan dan ditangani di bawah hukum Pakistan.

Ditanya dalam keadaan apa Siddiqui bisa pulang, kementerian luar negeri mengatakan Obama dapat memaafkannya, atau perjanjian dapat dicapai baginya untuk menjalani setidaknya sebagian hukumannya di Pakistan.

Banyak warga Pakistan yang percaya klaim dari pendukungnya bahwa Amerika Serikat menculik Aafia Siddiqui jauh sebelum itu dan  menahannya di sebuah penjara rahasia selama bertahun-tahun karena dikejar dalam rangka memerangi terorisme global. Para pejabat Amerika menyangkal klaim tersebut, meskipun mereka telah memasukkan Siddiqui sebagai tersangka yang diburu karena dugaan keterlibatannya dengan Al-Qaeda sebelum penangkapannya. - (aa/AP)

Berita terkait : Kejam! Lady Al-Qaida Dijatuhi Hukuman 86 Tahun di Amerika


latestnews

View Full Version