View Full Version
Senin, 18 Oct 2010

Ratusan Pejuang Irak Pro AS Membelot ke Al-Qaeda

Washington (Voa-Islam.com) - Ratusan anggota pasukan Dewan Kebangkitan Irak, sebuah kelompok yang berafiliasi dengan militer Amerika Serikat, telah mengalihkan kesetiaan mereka kepada Al-Qaeda, The New York Times melaporkan Minggu.

Mengutip pejabat pemerintah Irak yang tidak disebutkan namanya, meski tidak ada tokoh berpengaruh ratusan anggota dan mantan anggota Dewan Kebangkitan tampaknya telah bergabung dengan Al-Qaeda di Mesopotamia dalam beberapa bulan terakhir, surat kabar mengatakan .

Banyak dari mereka merupakan pasukan yang memiliki disiplin tinggi dan telah memperoleh pengetahuan yang luas mengenai militer AS, katanya.

Para pejabat juga mengatakan bahwa kemungkinan ribuan dari pasukan Dewan Kebangkitan yang masih di gaji pemerintah Irak diam-diam telah membantu pemberontakan, kata laporan itu.

Pembelotan itu didorong oleh frustrasi terhadap pemerintah yang dipimpin Syiah, yang menurut anggota Kebangkitan bertekad untuk menghancurkan mereka, dan juga oleh tekanan dari Al-Qaeda, kata surat kabar itu.

..kemungkinan ribuan dari pasukan Dewan Kebangkitan yang masih di gaji pemerintah Irak diam-diam telah membantu pemberontakan, kata laporan itu..

Pembelotan tersebut telah dipercepat sejak pemilu parlemen Irak yang tidak meyakinkan pada Maret lalu.

Dewan Kebangkitan Irak sendiri dibentuk tahun 2006 ketika para pejuang Islam Sunni dan para pemimpin suku berbalik memerangi Al-Qaeda dan pejuang Islam lain, sebuah perubahan yang memainkan peran utama dalam menarik Irak kembali dari perang sektarian yang mematikan. Para mantan pemberontak awalnya dibayar oleh militer Amerika, dengan janji bahwa mereka akhirnya akan mendapatkan pekerjaan dengan pemerintah.

Pengalihan kesetiaan oleh anggota pasukan Dewan Kebangkitan kepada Al-Qaeda telah menimbulkan ancaman baru untuk keseimbangan sosial dan politik Irak ketika militer AS bersiap untuk mundur dari negeri itiu tahun depan, The Times mencatat. (meo)


latestnews

View Full Version