View Full Version
Sabtu, 23 Oct 2010

Al Shabbab Rebut Kembali Kota yang Telah Dikuasai Pemerintah Somalia

Mogadishu, (Voa-Islam.com) - Pejuang Islam Somalia dari kelompok Al Shabbab pada hari Kamis (21/10) mengambil alih kembali sebuah kota perbatasan Somalia selatan dari pasukan pro-pemerintah hanya beberapa hari setelah daerah tersebut berpindah tangan antara kedua belah pihak yang bertikai, kata penduduk.

Kota Bulo Hawo yang terletak di perbatasan bersama antara Somalia, Ethiopia dan Kenya diambil oleh pasukan pemerintah Somalia awal pekan ini tapi daerah jatuh kembali ke dalam kendali pejuang Islam menyusul pertempuran sengit antara para pejuang Islam dan pasukan pemerintah Somalia.

"Kota ini sekarang di bawah kendali Al Shabbab dan pasukan pemerintah Somalia mundur kembali. Kami tidak tahu bagaimana hal-hal yang akan berubah kemudian akan tetapi untuk sekarang kota itu telah jatuh," kata Ahmed Weli, seorang warga di Bulo Hawo kepada Xinhua melalui telepon.

..Kota Bulo Hawo yang terletak di perbatasan bersama antara Somalia, Ethiopia dan Kenya diambil oleh pasukan pemerintah Somalia awal pekan ini tapi daerah jatuh kembali ke dalam kendali pejuang Islam menyusul pertempuran sengit antara para pejuang Islam dan pasukan pemerintah Somalia..

Sejumlah korban tewas telah dilaporkan di kedua pihak yang bertempur sementara warga berbicara tentang puluhan orang luka-luka terutama warga sipil.

Tidak ada pihak yang telah secara resmi berbicara tentang perkembangan terbaru di kota selatan yang menjadi markas Al Shabbab setelah sebelumnya jatuh ke kontrol pemerintah minggu ini.

Pasukan Islam yang akhir-akhir ini telah kehilangan wilayah karena direbut pasukan pemerintah Somalia dan sekutu-sekutunya di Mogadishu, di daerah tengah dan selatan dan hal ini menandai kemenangan pertama dalam minggu ini bagi kelompok-kelompok pejuang Islam.

Sementara itu, pertempuran sengit juga dilaporkan terjadi di wilayah Hisan Somalia pusat dimana pasukan pemerintah dan sekutu mereka bentrok dengan pejuang Islam di pinggiran kota perdagangan utama Beledweyn di mana kedua belah pihak saling mengklaim kemenangan. (xinhua)


latestnews

View Full Version