View Full Version
Jum'at, 17 Dec 2010

Pakistan negara paling mematikan bagi wartawan

Islamabad, Pakistan (Voa-Islam.com) - Pakistan merupakan negara paling mematikan bagi wartawan di tahun 2010. dengan sedikitnya delapan pekerja media tewas saat  melaksakan tugas, sebuah kelompok advokasi media mengatakan pada Rabu.

Dalam laporan akhir tahun, komisi untuk perlindungan wartawan mengatakan 42 pekerja  telah tewas di seluruh dunia, turun dari tahun 2009 yang mencapai 72 orang.

Jumlah korban tersebut "masih sangat tinggi" dan mencerminkan wartawan menghadapi kekerasan meluas di seluruh dunia, "kata Joel Simon, direktur eksekutif kelompok itu.

Sementara pembunuhan masih menjadi penyebab utama kematian, suatu proporsi yang lebih besar dari wartawan yang tewas dalam serangan bunuh diri dan baku tembak saat tugas di tempat-tempat seperti Pakistan, Afghanistan, Somalia dan Thailand dibandingkan beberapa tahun terakhir, kata kelompok tersebut.

Enam dari wartawan di Pakistan tewas dalam serangan bunuh diri, sementara yang 20 lainnya luka-luka. Simon menyebut kematian wartawan di Pakistan 'merupakan gejala dari kekerasan meluas yang melanda negeri.' "Selama bertahun-tahun wartawan di Pakistan telah dibunuh oleh militan dan diculik oleh pemerintah. Tetapi dengan meningkatnya serangan bunuh diri, risiko terbesar hanya meliput berita, "katanya.

Para wartawan tewas di 20 negara pada tahun 2010. Setelah Pakistan, tempat paling mematikan berikutnya adalah Irak, dengan empat kematian, diikuti oleh Honduras dan Meksiko dengan masing-masing tiga. - (AP)


latestnews

View Full Version