View Full Version
Jum'at, 24 Dec 2010

Naskah Tertua Al-Qur'an Ditemukan di Cina

CINA (voa-islam.com): Telah ditemukan sebuah naskah kuno Al-Qur'an di provinsi Muslim Dongxiang di wilayah Gansu  di Cina barat laut, yang diyakini tertua di China  dan kemungkinan berasal dari sebelum abad 11 Masehi.

Kantor berita cina baru Xinhua mengutip ucapan dari lembaga lokal untuk benda-benda bersejarah, bahwa temuan salinan Al-Qur'an yang ditulis dalam bahasa Arab, terdiri dari 536 halaman dan menggunakan daun Samarkand, yang dibawa ke China dari kota Samarkand yang saat ini berada di Uzbekistan.

Sebelumnya salinan Al-Qur'an yang disimpan di masjid Ji Tse di Provinsi Shianghai, barat laut China dianggap yang tertua di Cina, berasal dari abad antara kedelapan belas dan ketiga belas.

Naskah yang ditemukan baru-baru ini telah dikembalikan ke tempatnya setelah selesainya verifikasi ilmiah yang dapat mengembalikannya ke abad sembilan Masehi saat seni lukis, dekorasi dan kaligrafi maju.

Banyak kelompok etnis yang memeluk agama Islam hidup di daerah barat laut Cina, yang meliputi provinsi Shianghai, Gansu dan wilayah Ningxia dan Xingciang.

(ar/islammemo)


latestnews

View Full Version