View Full Version
Senin, 27 Dec 2010

Bentrokan Natal Antara Muslim dan Kristen Nigeria

JOS NIGERIA (voa-islam.com): Bentrokan bersenjata akhirnya pecah antara Kristen dan Muslim di dekat pusat kota Nigeria, Jos pada hari Ahad, kata seorang saksi mata kepada Reuters. Sebelumnya terjadi pemboman malam Natal di wilayah ini yang menewaskan lebih dari 30 orang.

Banyak gedung terbakar dan orang-orang terlihat berlarian mencari tempat berlindung saat polisi dan militer tiba di lokasi dalam membubarkan kerumunan massa. Orang-orang yang terluka berlumuran darah terlihat diseret oleh teman-teman dan keluarganya menuju rumah sakit.

Kerusuhan ini dipicu oleh ledakan pada malam Natal di desa-desa dekat Jos, ibukota negara bagian Plateau, yang menewaskan sedikitnya 32 orang dan meninggalkan 74 lainnya luka parah.

Palang Merah mengatakan pada hari Sabtu tidak bisa menyatakan jumlah kematian yang disebabkan oleh ledakan, tapi bisa mengkonfirmasi bahwa terdapat 95 orang luka berat di rumah sakit.

Gubernur negara bagian Plateau mengatakan pemboman itu bermotif politik terorisme, ditujukan kepada Kristen yang menentang umat Islam untuk memulai putaran lain kekerasan.

Umat Kristen, Muslim dan Animis dari beberapa kelompok etnis sebenarnya hidup damai berdampingan di banyak kota-kota lain Nigeria selain Jos.

Tapi ratusan orang telah tewas dalam bentrokan agama dan etnis awal tahun ini di pusat Sabuk Tengah dan ada kekhawatiran politisi bisa mencoba untuk menyalakan lagi kekerasan untuk persaingan menjelang pemilu. (Za/Reuters)


latestnews

View Full Version