View Full Version
Rabu, 26 Jan 2011

Mesir Klaim Tangkap 19 Anggota Al Qoidah yang Sedang Menuju Irak

KAIRO (voa-islam.com): Pihak berwenang Mesir baru saja menangkap 19 orang Arab yang diduga terkait dengan Al Qoidah dalam perjalanan ke Irak, kata menteri dalam negeri hari Selasa.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan harian Mesir Al-Ahram, Habib al-Adly mengatakan para tersangka berasal dari Tunisia dan Libya dan menggunakan Mesir sebagai titik transit dalam perjalanan mereka ke Irak untuk bergabung dengan kelompok Al Qoidah di sana.

Ia mengatakan pasukan keamanan juga menyita senjata, amunisi dan dokumen yang berkaitan dengan Al Qoidah. Namun dia tidak mengatakan dengan tepat kapan dan dimana penangkapan terjadi.

El Adly mengatakan para tersangka sudah dibawa ke penjara sebelum 1 Januri dan menekankan bahwa para pria itu tidak memiliki hubungan dengan pemboman gereja Koptik pada Tahun Baru di kota pelabuhan Alexandria yang menewaskan 21 orang. Mesir sendiri telah menyalahkan kelompok Tentara Islam Palestina yang melakukan pemboman gereja, kelompok tersebut adalah afiliasi Al Qoidah di Jalur Gaza.

"Kami yakin bahwa ada puluhan orang yang setia kepada Al Qoidah di Gaza dan beberapa dari mereka sudah pernah terlibat dalam upaya teror sebelumnya di Mesir," katanya, ia juga menyalahkan Tentara Islam dalam ledakan 2009 di sebuah masjid di Kairo yang menewaskan seorang wisatawan Perancis.

Menteri Dalam Negeri Mesir ini juga mengatakan bahwa kelompok Hamas yang kini menguasai Jalur Gaza sedang dalam upaya mengejar kelompok Tentara Islam Palestina yang dianggap telah mengancam upaya Hamas dalam mempertahankan gencatan senjata dengan Israel yang telah berlangsung selama dua tahun. [Za/AP]


latestnews

View Full Version