View Full Version
Rabu, 02 Feb 2011

Orang Tak Dikenal Bakar Sinagog di Tunisia

TUNIS, TUNISIA (voa-islam.com) - Orang-orang tak dikenal membakar sebuah Sinagog di wilayah Gabes selatan Tunisia, seorang pemimpin komunitas Yahudi setempat mengatakan Selasa (01/02/2011).

"Seseorang membakar rumah ibadat pada hari Senin malam dan gulungan Taurat juga dibakar," kata Perez Trabelsi, mengkritik kurangnya tindakan oleh dinas keamanan untuk menghentikan serangan tersebut.
 
"Apa yang saya heran adalah bahwa ada polisi tidak jauh dari rumah ibadat," tambah Perez, yang juga kepala rumah ibadat Ghriba di pulau Djerba, sinagoga tertua di Afrika.

"Saya mengutuk tindakan ini dan saya percaya mereka yang melakukannya ingin membuat perpecahan antara orang Yahudi dan Muslim di Tunisia yang telah tinggal selama puluhan tahun dalam damai," kata Peres Trabels.

Tunisia yang berpenduduk mayoritas Muslim memiliki komunitas Yahudi terbesar di negara Afrika Utara tersebut, namun serangan terhadap mereka jarang terjadi.

Tindakan sporadis penjarahan dan sabotase telah pecah di negara itu sejak pekan-pekan protes penggulingkan presiden Tunisia yang telah berkuasa selama 23 tahun Zine El-Abdine Ben Ali bulan lalu. (meo)


latestnews

View Full Version