View Full Version
Selasa, 19 Jul 2011

Pemberontak Libya Klaim Rebut Brega dari Pasukan Muammar Kadhafi

BREGA, LIBYA (voa-islam.com) - Pemberontak Libya mengatakan mereka menguasai sebagian besar Brega, kota penting di timur, setelah berlangsung pertempuran jarak dekat di kawasan pemukiman.

Menurut kelompok pemberontak, pasukan yang setia pada pemimpin Libya, Kolonel Muammar Kadhafi, mundur ke barat ke arah kota Ras Lanuf.

Mereka mengatakan Brega ditaburi ranjau di mana-mana dan masih ada kantung-kantung perlawanan.

Klaim pemberontak ini sendiri tidak mungkin untuk dikukuhkan secara independen.

Brega yang terletak sekitar 75 km sebelah timur ibu kota, Tripoli, sudah beberapa kali berpindah tangan dalam pertempuran di pinggir pantai Libia di Laut Tengah sejak pemberontakan bermula bulan Februari.

"Sebagian besar tentara Kadhafi mundur ke Ras Lanuf," kata juru bicara pemberontak, Syamsuddin Abdulmolah, kepada kantor berita AFP.

..Brega yang terletak sekitar 75 km sebelah timur ibu kota, Tripoli, sudah beberapa kali berpindah tangan dalam pertempuran di pinggir pantai Libia di Laut Tengah sejak pemberontakan bermula bulan Februari..

Ia mengatakan jalan-jalan dipenuhi "ranjau anti personel yang luar biasa banyak jumlahnya", sehingga sulit sekali menguasai daerah itu sepenuhnya.

Sisa pasukan Kolonel Kadhafi di kota itu --yang diduga sekitar 150 sampai 200 orang-- bertahan di gedung-gedung industri dengan suplai yang menipis, katanya menambahkan.

"Suplai makanan dan air mereka terputus dan mereka sekarang tidak bisa tidur. Hanya soal waktu saja sebelum mereka sadar. Kami harapkan bisa dicegah pertumbahan darah," katanya.

Buntu

Pasukan pemberontak di sekitar Brega terhalang oleh serangan rudal dari desa Bishr sekitar 20 km jaraknya, kata Abdulmolah.

..Selama berminggu-minggu, konflik Libya tampaknya menglami kebuntuan; pemberontak menguasai Libya timur dan kantung-kantung perlawanan di Barat..

Dia mengatakan sebagian pejuang pemberontak meluncur melalui Brega dari Selatan menggempur posisi-posisi tersebut.

"Kami berharap bisa merebut Bishr, kata dia mebambahkan.

Para wartawan mengatakan kejatuhan Brega, jika benar, akan menjadi terobosan besar bagi pasukan anti-Kadhafi.

Mereka bergerak maju ke kota itu selama beberapa hari dari timur-laut, timur dan tenggara, meskipun terjadi tembakan gencar artileri dari pasukan pemerintah.

Selama berminggu-minggu, konflik Libya tampaknya menglami kebuntuan; pemberontak menguasai Libya timur dan kantung-kantung perlawanan di Barat.

Kolonel Kadhafi tetap bertahanan di Tripoli, meskipun diserang dengan bom oleh NATO. (by/bbc)


latestnews

View Full Version