View Full Version
Senin, 08 Aug 2011

Helikopter NATO Kembali Jatuh Ditembak Taliban Tewaskan 33 Tentara AS

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah helikopter kedua milik pasukan koalisi NATO pimpinan AS kembali jatuh di Afghanistan timur sementara helikopter lain telah melakukan pendaratan darurat di provinsi Paktia.

Menurut para pejabat, helikopter NATO jatuh di timur kota Zarmat di provinsi Paktia, Senin, namun jumlah korban belum diketahui, seorang koresponden Press TV melaporkan.

Namun Taliban melalui Juru bicaranya, Zabihullah Mujahid mengklaim dalam pesan teks yang dikirim ke Reuters bahwa kelompok Islam Taliban telah menembak jatuh helikopter Chinook lain, di distrik Zurmat dari Paktia, yang menewaskan 33 tentara Amerika.

Dalam insiden terpisah, satu helikopter NATO dikabarkan melakukan pendaratan keras di daerah yang sama di provinsi Paktia timur Ahad malam, saksi dan pejabat Afghanistan mengatakan kepada Press TV.

Pimpinan pasukan NATO telah mengepung tempat kejadian, kata saksi.

Insiden itu dilaporkan telah menyebabkan beberapa korban, tetapi belum ada pernyataan atas jumlah tepat dari korban yang terbunuh atau terluka.

Sementara itu, pimpinan aliansi mengeluarkan pernyataan dan menegaskan bahwa helikopter melakukan pendaratan darurat. Pernyataan itu mengatakan tidak ada yang terluka dan bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Insiden itu terjadi setelah kejadian serupa pada hari Sabtu, yang menelan korban jiwa 31 pasukan khusus AS.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas jatuhnya helikopter Chinook CH-47 Sabtu, namun NATO mengatakan telah memulai penyelidikan atas insiden tersebut. (by/ptv)


latestnews

View Full Version