View Full Version
Jum'at, 26 Aug 2011

Pemberontak: Kadhafi dan Anaknya Sembunyi di Lubang Kecil di Tripoli

LIBYA (voa-islam.com) - Penguasa Libya yang tengah buron, Muammar Gaddafi dan beberapa anak-anaknya telah bersembunyi di dalam sebuah gedung di Tripoli, saat kaum revolusioner berusaha untuk lebih mengkonsolidasikan cengkeraman mereka di ibu kota Libya, laporan mengatakan.

Pada hari Kamis, sekelompok pejuang oposisi yang mengepung sekumpulan bangunan apartemen dekat dengan kompleks Muammar Kadhafi telah dikuasai, Bab al-Aziziya, mengatakan mereka percaya diktator Libya tersebut bersembunyi di sana dengan beberapa anak-anaknya, menurut laporan Reuters.

Pasukan revolusioner terlibat tembak-menembak sengit dengan loyalis Kadhafi di dalam gedung.

"Mereka bersama-sama. Mereka berada dalam lubang kecil.. Hari ini kita selesai. Hari ini kita akan mengakhiri itu," kata salah satu pejuang yang terlibat dalam pertempuran, Muhammad Gomaa,.

Pasukan pada hari Rabu kaum revolusioner Libya mengumumkan bahwa hadiah $ 1.600.000 telah ditetapkan untuk Kadhafi dan mengatakan bahwa mereka menekan dalam menuju kota kelahirannya, Sirte, sehari setelah mereka menyapu kompleksnya di Tripoli.

..Mereka bersama-sama. Mereka berada dalam lubang kecil..

Mustafa Abdel Jalil, Ketua Dewan Transisi Nasional (TNC) Libya yang berbasis di Benghazi, mengumumkan amnesti atau pengampunan untuk setiap lingkaran dalam Kadhafi "yang dapat membunuh atau menangkap dia."

Dewan militer TNC di kota barat Misratah mengatakan pada Rabu bahwa pejuangnya telah menduduki al-Washka - sebuah kota 56 kilometer barat Sirte - dan bertemu sedikit perlawanan ketika mereka terus mendorong menuju kampung Kadhafi.

Libya telah menjadi ajang pertempuran sengit antara pasukan rezim dan pejuang revolusioner sejak revolusi yang berusaha untuk menggulingkan Kadhafi dimulai pada pertengahan Februari.

Para pejuang maju ke jantung Tripoli Senin pagi, merebut kendali dari sebagian besar ibukota tanpa menghadapi perlawanan yang signifikan dari kekuatan rezim.

Mereka sekarang menghadapi perlawanan hanya di kantong-kantong kecil loyalis Kadhafi di daerah lain. (st/ptv)


latestnews

View Full Version