View Full Version
Kamis, 19 Jan 2012

Tersangka Otak Pemboman Hari Natal di Nigeria Kabur dari Tahanan

ABUJA, NIGERIA (voa-islam.com) - Seorang anggota kelompok Boko Haram tersangka otak pengeboman Hari Natal lalu di Maddala, Nigeria yang menewaskan puluhan orang melarikan diri dari tahanan selama pemindahan yang dilakukan oleh polisi.

Dalam sebuah pernyataan polisi mengatakan bahwa seorang komisaris setempat memerintahkan Kabiru Sokoto, yang diduga merencanakan pemboman yang menewaskan 38 orang di Gereja Katolik St Theresa di Madalla, di luar ibukota Nigeria Abuja dipindahkan ke kantor polisi di Abaji, di luar Abuja dan bahwa polisi yang mengawal dia diserang oleh orang-orang yang diduga anggota Boko Haram dan membebaskannya.

Juru bicara polisi nasional Olusola Amore mengatakan Kabiru Sokoto ditangkap pada akhir pekan di kompleks resmi gubernur negara bagian Borno di Abuja. Negara bagian Borno, di timur laut Nigeria , adalah rumah spiritual Boko Haram.

..Kabiru Sokoto, yang diduga merencanakan pemboman yang menewaskan 38 orang di Gereja Katolik St Theresa di Madalla, di luar ibukota Nigeria Abuja dipindahkan ke kantor polisi di Abaji, di luar Abuja dan bahwa polisi yang mengawal dia diserang oleh orang-orang yang diduga anggota Boko Haram dan membebaskannya..

Namun, jurubicara Negara Borno Inuwa Bwala pada Selasa malam membantah Sokoto ditangkap di rumah gubernur, dan mengatakan bahwa Gubernur Negara Borno Kashim Shettima dan  pemerintahan oposisi yang dia pimpin adalah korban penganiayaan politik.

"Mungkin ada sebuah konspirasi besar yang dimaksudkan untuk mempermalukan baik gubernur dan pemerintah negara bagian Borno, atau untuk membunuhnya," kata Bwala.

Komandan Polisi telah memenjarakan komisaris polisi lokal tersebut dan menyelidiki tindakannya, termasuk orang-orang yang petugas menjaga Sokoto, kata Amore. Dia menolak memberikan komentar lebih lanjut tentang insiden itu. (an/AP)


latestnews

View Full Version