View Full Version
Kamis, 09 Feb 2012

Dalam 2 Hari Pemerintah Syiah Maliki Eksekusi 2 Pemimpin Senior Al-Qaeda Irak

IRAK (voa-islam.com) - Pemerintahan Syiah Irak pimpinan Nouri Al-Maliki tampaknya sangat bernafsu untuk membunuh para pemimpinan senior Al-Qaeda di Irak yang sekarang ini dalam tahanan. Setidaknya dua pemimpin senior Negara Islam Irak yang merupakan afiliasi Al-Qaeda di negara tersebut telah dieksekusi dalam dua hari terakhir bersama belasan anggota Al-Qaeda lainnya.

Kantor Berita Reuters melaporkan hari Rabu (8/2/2012) bahwa Abu Thalhah, seorang tokoh senior Al-Qaeda di kepemimpinan Irak yang merupakan seorang komandan utama bagi Abu Musab al Zarqawi, berada di antara 14 pejuang Islam yang dieksekusi pada hari Selasa:

"Kementerian Kehakiman Irak mengeksekusi 14 pejuang Islam di Baghdad pada hari Selasa," kata seorang pejabat senior Departemen Kehakiman mengatakan kepada Reuters, Rabu.

"Mereka termasuk Abu Thalhah yang memimpin afiliasi Al-Qaeda, Negara Islam Irak, di kota Mosul dan provinsi Anbar dan Salahuddin," kata pejabat itu tanpa menyebut nama.

Nama asli Abu Thalhah adalah Muhammad Khalaf Shakar. Selain menjadi seorang anggota senior Al-Qaeda di Irak, ia juga adalah seorang komandan di Ansar al Islam. Sebelum ia ditangkap oleh pasukan operasi khusus AS pada bulan Juni 2005, dia dianggap sebagai pengganti potensial untuk Zarqawi.

..seorang tokoh senior Al-Qaeda di kepemimpinan Irak yang merupakan seorang komandan utama bagi Abu Musab al Zarqawi, berada di antara 14 pejuang Islam yang dieksekusi pada hari Selasa..

Setelah penangkapannya, CENTCOM mengatakan bahwa ia "tidak pernah tinggal lebih dari satu malam di setiap satu tempat tinggal, dan selalu memakai rompi jibaku, dan mengatakan ia tidak akan pernah menyerah."

Selain Abu Talhah, hari Rabu (8/2/2012), Aswat al Irak melaporkan bahwa seorang pemimpin senior Al-Qaeda Irak asal Saudi yang belum disebutkan namanya juga telah dijatuhi hukuman mati:

Seorang Komandan Al-Qaeda terkemuka berkebangsaan Saudi dan memegang jabatan Amir Militer Al-Qaeda di kota utara Irak Mosul, telah dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Kriminal Pusat Irak, menurut pernyataan dari dalam Dewan Pengadilan Tinggi pada hari Rabu. "Terdakwa, dengan inisial BA, yang telah menduduki jabatan Amir Militer Mosul pada tahun 2008, selama kepemimpinan mantan Komandan Al-Qaeda Abu Mushab al-Zarqawi, telah dijatuhi hukuman untuk eksekusi oleh Pengadilan Kriminal Tingkat Tinggi, "pernyataan itu, seperti yang diterima oleh kantor berita Aswat al-Irak, menekankan. (by/lwj)


latestnews

View Full Version