View Full Version
Jum'at, 02 Mar 2012

Al-Qaeda Culik Kolonel Militer Yaman

ABYAN, YAMAN (voa-islam.com) - Seorang perwira tingkat tinggi dari tentara militer Yaman pada Kamis pagi (1/3/2012) telah diculik oleh kelompok pejuang Al-Qaeda di provinsi selatan yang dirobek perang, Abyan, kata seorang pejabat kepada Xinhua.

Orang-orang bersenjata dari kelompok pejuang Al-Qaeda mencegat kendaraan militer Kolonel Ahmed Saleh Jumlani Komandan Brigade Militer Lapis Baja 201 di kota pelabuhan Shaqra dan membawanya ke sebuah tujuan yang belum diketahui, kata pejabat itu dalam konsisi anomitas.

kendaraan-kendaraan militer lapis baja telah disebar untuk mencari perwira yang diculik tersebut di wilayah-wilayah tetangga, kata pejabat itu.

Sebelumnya pada Rabu, Al-Qaeda telah memberikan tenggang waktu 10 hari kepadamiliter Yaman untuk mundur dari pinggiran kota Jinzibar dan mengancam akan meluncurkan serangan di wilayah provinsi selatan negara tersebut.

Abyan, sekitar 480 kilometer dari ibukota Yaman, Sana'a, telah menjadi tempat pertempuran hebat setiap harinya setelah ratusan anggota kelompok pejuang Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) merebut Jinzibar dan sedikitnya tiga kota lainnya pada Mei 2011.

Secara terpisah, Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan bahwa tiga bom mobil direncanakan untuk diledakkan di fasilitas pemerintah ibukota Yaman, Sana'a.

Al-Qaeda di Yaman pada Rabu mengklaim tanggung jawab untuk bom jibaku akhir pekan yang menewaskan sedikitnya 25 orang di selatan. Kelompok itu mengatakan serangan bom mobil tersebut adalah peringatan bagi AS untuk berhenti ikut campur dalam urusan Yaman.

Lebih lanjut kelompok itu mengatakan, serangan tersebut datang sebagai respons terhadap perang AS melawan pasukan Islam di Yaman. (by/xin)


latestnews

View Full Version