View Full Version
Senin, 05 Mar 2012

2 Bom Jibaku Hantam Markas Militer di Yaman Selatan 8 Tentara Tewas

ADEN,YAMAN (voa-islam.com) - Dua serangan bom jibaku kembar yang menargetkan dua pangkalan militer pasukan tentara Yaman di provinsi selatan yang dilanda perang, Abyan, hari Ahad (4/3/2012) pagi, menewaskan sedikitnya delapan tentara dan melukai puluhan lainnya, pejabat militer mengatakan kepada Xinhua.

Dua bom mobil meledak di sebuah pos pemeriksaan militer di pinggiran kota Zinjibar, ibukota provinsi Abyan, meninggalkan setidaknya delapan tentara tewas dan puluhan lainnya terluka, kata pejabat militer setempat mengatakan tanpa menyebut nama.

Setelah ledakan, sebuah serangan bersenjata intensif dilakukan oleh Al-Qaeda terhadap pasukan tentara, kata pejabat tersebut.

Pertempuran sengit masih terjadi antara Brigade Lapis Baja ke-115 dan pejuang Al-Qaeda di daerah Dovas, yang didukung oleh serangan udara dari pesawat tempur Yaman, tambahnya.

Sebuah sumber yang dekat dengan Al-Qaeda dalam kondisi anonim mengatakan kepada Xinhua bahwa "Kami berhasil merebut kontrol atas sebuah pos tentara bersama dengan senapan mesin berat dan peralatan amunisi dalam pertempuran hari ini (Ahad)."

..Kami berhasil merebut kontrol atas sebuah pos tentara bersama dengan senapan mesin berat dan peralatan amunisi dalam pertempuran hari ini (Ahad)..

"Beberapa tentara juga ditahan sebagai sandera oleh para pejuang berani kami," kata sumber itu.

Sementara itu, juru bicara Al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) di Abyan mengatakan kepada Xinhua bahwa perang besar sudah mulai di wilayah pesisir di Abyan dan daerah dekat kota pelabuhan selatan Aden.

"Ada pertempuran besar yang terjadi sekarang di beberapa daerah di luar Zinjibar dan di daerah pesisir Dovas dekat Aden antara pejuang AQAP dan pasukan pemerintah," kata juru bicara itu, menambahkan bahwa "beberapa Serangan udara juga melanda banyak daerah di luar Zinjibar."

"Itu rincian awal yang kami peroleh, ketika perang sedang berlangsung, tidak ada jumlah pasti korban yang tersedia sampai sekarang," katanya.

Juru bicara itu membantah laporan bahwa AQAP merebut sebuah kamp militer dekat Zinjibar pemerintah, sementara seorang pejabat keamanan provinsi di Aden menegaskan bahwa AQAP menyerang patroli keamanan di dekat bandara Aden, yang menewaskan tiga tentara dan melukai lima orang lainnya.

"Al-Qaeda meluncurkan serangan besar-besaran di Aden, al-Bayda, Hadramout, Shabwa dan Abyan ... dan kami memerangi mereka kembali," kata pejabat keamanan Xinhua pada kondisi anonimitas.

..Serangan terpisah AQAP ini mengungkapkan bahwa kelompok itu mengirim pesan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk meluncurkan beberapa pertempuran di banyak daerah terpisah pada saat yang sama melawan tentara pemerintah..

Dia mengatakan pertempuran di Dovas dan dekat Zinjibar sedang berlangsung dan tidak ada rincian tepat dari korban adalah belum tersedia.

Pertempuran berlangsung terjadi kurang dari 24 jam setelah sayap Al-Qaeda tersebut bangkit kembali melancarkan serangan mematikan terhadap pasukan elit pemerintah Garda Republik di provinsi tenggara Al-Bayda dan kamp Keamanan Pusat di selatan provinsi Hadramout.

"Al-Qaeda melancarkan serangan terpisah yang menggila terhadap pasukan pemerintah di beberapa wilayah selatan, yang bertujuan untuk mengganggu pemerintah merencanakan serangan besar-besaran terhadap Zinjibar dan kota-kota Jaar," kata seorang pejabat intelijen Yaman.

"Serangan terpisah AQAP ini mengungkapkan bahwa kelompok itu mengirim pesan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk meluncurkan beberapa pertempuran di banyak daerah terpisah pada saat yang sama melawan tentara pemerintah ... jadi ini adalah pesan yang mengatakan pasukan pemerintah untuk menghentikan penyebaran pasukan dekat Zinjibar, "katanya, menambahkan bahwa" tampaknya Al-Qaida khawatir serangan pemerintah yang direncanakan pada Zinjibar dan Jaar. "

Pemerintah Yaman telah memberikan militan AQAP ultimatum untuk mundur dari mengutip ditangkap di Abyan. Sementara AQAP sendiri pada Rabu (29/2/2012) membalas ultimatum pemerintah tersebut dengan mengancam akan menyerang posisi pasukan pemerintah di wilayah provinsi selatan jika militer Yaman tidak mundur dari pinggiran kota Jinzibar dalam 10 hari. (by/xin)


latestnews

View Full Version